Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pergunu Sidoarjo Adakan Pelatihan Buat Video dan Animasi Pembelajaran

Pergunu Sidoarjo Adakan Pelatihan Buat Video dan Animasi Pembelajaran
Pelatihan pembuatan video dan animasi pembelajaran yang diadakan PC Pergunu Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Fuad).
Pelatihan pembuatan video dan animasi pembelajaran yang diadakan PC Pergunu Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Fuad).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran maupun sosialisasi. Terutama dalam situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

 

Persoalan tersebut memicu Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Sidoarjo untuk terus mengoptimalkan dan meningkatkan kempetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Supaya bisa bisa mengikuti pengembangan media komunikasi, informasi dan edukasi pembelajaran.

 

Sebagai upayanya, PC Pergunu Sidoarjo menjalin kerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMEO SEAMOLEC) untuk pelatihan dalam jaringan (Daring) khusus pengembangan pembuatan video dan animasi pembelajaran.

 

“Kami telah menjalin kerja sama dengan SEAMEO SEAMOLEC dalam pelatihan daring pengembangan pembuatan video dan animasi pembelajaran. Hal tersebut dilakukan untuk pengembangan program dan peningkatan kompetensi guru di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” ujar Ketua PC Pergunu Sidoarjo, Abdul Mujib.

 

Ia mengungkapkan, selain pelatihan permbuatan video dan animasi pembelajaran professional ada pula pelatihan desain presentasi menggunakan power point, dan pelatihan analisis hasil pembelajaran.

 

“Serta pengembangan kemampuan para guru  dalam hal pembuatan video dan animasi pembelajaran secara profesional di lingkungan pendidikan di Sidoarjo baik yang dinaungi Kementrian Agama ataupun Kementrian Pendidikan,” ujarnya.

 

Menurut Abdul Mujib, pendidikan harus dikembangkan untuk memenuhi hajat hidup masyarakat banyak. Selain itu, sistem pendidikan berbasis video pembelajaran nantinya akan sangat dibutuhkan seiring perkembangan teknologi.

 

“Pengembangan pendidikan akan semakin efektif dengan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran. Bukan tidak mungkin lagi lima atau sepuluh tahun yang akan datang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini akan sangat diminati dan dipatenkan oleh penyelenggara Pendidikan yaitu Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan. Melihat dampak Covid-19 ini sudah banyak yang melirik dan untuk uji coba,” pungkas Abdul Mujib.

 

Sementara itu, Asrofi, Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo mengapresiasi langkah yang dilakukan PC Pergunu Sidoarjo. Menurutnya, media yang baik adalah seharusnya bisa langsung menyentuh masyarakat atau murid. Salah satunya adalah media digital melalui video.

 

“Jadi, kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh PC Pergunu Kabupaten Sidoarjo ini. Dimana di pelatiahan ini bisa memenuhi kebutuhan guru untuk pembelajaran jarak jauh, salah satunya dengan pembuatan video bahan ajar atau bahan sosialisasi digital,” ujarnya.

 

 


 

Adapun acara yang berkonsentrasi pada pembuatan video dan animasi pembelajaran ini diselengarakan selama tiga hari mulai Kamis hingga Sabtu (12-14/11/2020). “Kami dari panitia mengucapkan terima kasih kepada Kepala MAN Sidoarjo yang telah memberikan izin untuk menggunakan aula MAN Sidoarjo selama pelatihan,” ujar Mochammad Fuad Nadjib, Sekretaris PC Pergunu Sidoarjo.

 

Penulis: Fuad Nadjib

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim