Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Perhatikan, Ternyata Begini Cara Masak Ayam Lodho Legendaris di Trenggalek

Perhatikan, Ternyata Begini Cara Masak Ayam Lodho Legendaris di Trenggalek
Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek. (Foto: NOJ/ Marisa Kjoirila)
Ayam Lodho Pak Yusuf Trenggalek. (Foto: NOJ/ Marisa Kjoirila)

Trenggalek, NU Online Jatim

Indonesia adalah negara kaya. Dari pakaian sampai makanan di berbagai daerah memiliki khasnya masing-masing. Di Trenggalek misalnya. Salah satu lokasi berburu menu buka puasa saat Ramadlan seperti sekarang ini salah satunya berada di Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek.

 

Ayam Lodho Pak Yusuf namanya. Rumah makan ini menyajikan ayam kampung asli yang diolah dengan santan dan berbagai empon-empon sehingga menjadi lauk yang sedap dan nikmat untuk menu berbuka puasa.

 

Bulan Ramadlan ini rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf yang biasa buka sedari pagi, saat ini mulai buka pada pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB. "Untuk pukul 11.00 sampai 05.00 sore hanya melayani untuk dibawa pulang dan pukul 05.00 sore sampai 09.00 malam bisa makan di tempat," terang Ayub, pemilik usaha rumah makan berlabel Ayam Lodho Pak Yusuf tersebut.

 

Pada umumnya, banyak orang kesulitan dalam mengolah maupun mengkonsumsi ayam kampung karena tekstur dagingnya yang alot. Namun di warung ini daging ayam kampung yang diberi kuah santan atau yang biasa disebut lodho menjadi empuk dan cocok di lidah saat di makan.

 

Ternyata cara memasaknya yang berbeda dari kebanyakan warung atau rumah makan ayam lodho pada umumnya. Di rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf  melalui proses panjang dalam memasak.

 

Mulai dibakar, kemudian direbus. Selanjutnya dikukus dan masih direbus lagi. "Dan juga memakai bahan-bahan yang kami pilih kualitasnya agar produk kami juga berkualitas," ungkap Ayub. 

 

Bahan - bahan yang digunakan untuk memasak ayam lodho sama seperti pada umumnya. Yakni seperti cabai, bawang merah, bawang putih lengkuas, jahe, kunyit, daun salam, sere, garam, dan lainnya.

 

Harga Ayam Lodho Pak Yusuf sangat terjangkau. Satu porsi reguler atau kecil dibandrol dengan harga Rp 26 ribu. Sementara untuk porsi medium dibandrol dengan harga Rp 30 ribu, dan satu porsi super dibandrol dengan harga Rp 33 ribu. "Kalau ayam utuh itu biasanya 1 ekor mulai harga Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu," jelasnya.

 

Selain terkenal di Trenggalek, Ayam Lodho Pak Yusuf ini ternyata dikenal di kota tetangga. Seperti Kediri, Tulungagung, dan Ponorogo. Hal ini dibuktikan degan adanya cabang rumah makan ayam Lodho Pak yusuf yang didirikan di daerah tersebut. Bahkan pelanggannya lintas provinsi.  

 

"Ya, ada yang dari Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta dan juga kota-kota tetangga Trenggalek,” ujarnya.

 

 

Risma, salah satu warga Trenggalek yang pernah berkunjung ke rumah makan Ayam Lodho Pak Yusuf mengatakan, dirinya suka dengan rumah makan tersebut. Sebab masakan yang disajikan enak dan pelayanannya baik, serta tempatnya selalu bersih.

 

"Saya paling suka lodho di sini karena rasanya yang pedas, cocok saja untuk lidah orang jawa," katanya kepada NU Online Jatim.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)