• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Metropolis

Peringati Harlah, NU Jatim Gelar Donor Plasma Penyintas

Peringati Harlah, NU Jatim Gelar Donor Plasma Penyintas
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah ke-98 NU. (Foto: NOJ/Ist)
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah ke-98 NU. (Foto: NOJ/Ist)

Surabaya, NU Online Jatim

Kendati masih dalam suasana pandemi, namun hal tersebut tidak menyurutkan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur memeriahkan hari lahir ke-98 Nahdlatul Ulama berdasarkan tahun hijriyah. Sejumlah kegiatan digelar dengan tetap menaati protokol kesehatan.

 

“Kami mengusung tema Menyongsong Satu Abad, Meneladani Muassis Menuju Kemandirian,” kata KH Abdussalam Shohib, Sabtu (13/02/2021).

 

Ketua Pantia Harlah ke-98 NU Jawa Timur ini menjelaskan bahwa tema yang dipilih memiliki sejumlah pengharapan. 


“Yakni NU dapat bangkit dari situasi pandemi Covid-19 yang menyerang segala aspek,” kata Gus Salam, sapaan akrabnya.

 

Dijelas Wakil Ketua PWNU Jatim ini bahwa beberapa bidang di NU sudah memberi kontribusi yang maksimal. Seperti pendidikan maupun pesantren NU yang telah mengalami peningkatan layanan. Selain itu, saat ini banyak kader NU yang menduduki tempat strategis di eksekutif, legislatif, dan yudikatif. 

 

“Perekenomian Nahdliyin juga semakin membaik dengan berdirinya Baitul Mal wat Tamwil atau BMT NU,” terang Pengasuh Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang itu. Bahkan ada upaya meningkatkan untuk mendirikan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS), lanjutnya. 

 

Dan untuk peringatan harlah kali ini, PWNU Jawa Timur sendiri akan fokus pada bidang kesehatan dan aksi sosial. 

 

“Di bidang kesehatan, kami akan membuat program donor plasma penyintas Covid-19 bagi warga NU yang pernah tertular untuk diberikan kepada para penderita,” jelasnya. Panitia juga sedang berupaya untuk memberikan vaksin kepada para tokoh agama, lanjut dia. 

 

Karena masih dalam suasana pandemi, alumnus Pesantren Ploso Kediri tersebut menekankan bahwa seluruh kegiatan dalam rangkaian harlah dilaksanakan secara virtual. Demikian pula kegiatan akan tersebar di jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jatim, sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

 

“Sesuai dengan imbauan pemerintah terkait pandemi Covid-19, semua program kami laksanakan secara virtual dan tersebar di PCNU se-Jatim. Sehingga tidak ada kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

 

Sedangkan untuk aksi sosial, NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur akan melakukan 98 aksi sosial di berbagai daerah.


Editor:

Metropolis Terbaru