Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Peringati Harlah ke-35, PC IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang Tertibkan Administrasi

Peringati Harlah ke-35, PC IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang Tertibkan Administrasi
Saiful Umam (dua dari kiri), Ketua PC IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Rizki)
Saiful Umam (dua dari kiri), Ketua PC IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Hujan deras yang mengguyur Malang Raya tidak menyurutkan semangat peringatan Hari Lahir Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa ke-35. Dalam menyambut usia ke-35, Pimpinan Cabang (PC) IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang kembali merefleksikan tujuan dari didirikannya badan otonom ini.

 

“Pagar Nusa ini sebenarnya adalah warisan leluhur Walisongo untuk mempertahankan paham ahlussunnah wal jamaah lewat strategi budaya yang namanya pencak silat,” kata Saiful Anam, Ketua PC IPSNU Pagar Nusa Kabupaten Malang.

 

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan zaman, peran Pagar Nusa semakin dipertaruhkan untuk menangkal paham-paham yang tidak relevan dengan NU.

 

“Ilmu-ilmu seperti Pagar Nusa saat ini kurang diminati khususnya oleh generasi muda. Padahal sangat penting guna membentengi diri dari paham-paham radikal dengan khazanah tradisi Islam nusantara,” terangnya.

 

Di hari lahir Pagar Nusa ke-35 ini, dirinya juga mengungkapkan keinginan untuk memperbaiki pendataan administrasi anggota.

 

“Kami ingin memperbaiki permasalahan lemahnya pendataan anggota dengan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA). Saat ini anggota yang memiliki KTA prosesntasenya masih 35 persen dari total 27 Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang aktif dan sudah memiliki Pagar Nusa,” jelasnya.

 

Saiful berharap, kader-kader Pagar Nusa Kabupaten Malang dapat meningkatkan prestasi. Serta Pagar Nusa Kabupaten Malang dapat menjalin sinergi dengan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU.

 

“Kami berharap, kader-kader Pagar Nusa dapat berkembang dari sisi kuantitas dan kualitasnya. Serta ke depan kami ingin adanya sinergi dengan LP Ma’arif NU untuk mengarahkan murid-muridnya mengikuti ekstrakurikuler Pagar Nusa,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Moch Miftachur Rizki

Editor: Risma Savhira

PWNU Jatim Harlah