• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Malang Raya

Peringati Isra' Mi'raj, PMII di Malang Adakan Serangkaian Kegiatan

Peringati Isra' Mi'raj, PMII di Malang Adakan Serangkaian Kegiatan
Pamflet Festival Nasyid. (Foto: NOJ/IN)
Pamflet Festival Nasyid. (Foto: NOJ/IN)

Malang, NU Online Jatim
Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ibnu Sina Universitas Negeri Malang (UM) dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj menggelar Festival Nasyid (Fenas) Ibnu Sina se- Malang Raya secara online.

 

Liizza Diana Manzil selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa pada pelaksanaan kegiatan ini panitia mengambil tema 'Memetik Ibrah Isra' Mi'raj untuk Penguatan Qalbi di Masa Pandemi'. Seperti yang telah diketahui, bahwa Isra' Mi'raj merupakan peristiwa besar yang telah mendarah daging bagi dunia muslim. Maka dari itu, kita sebagai muslim seyogyanya senantiasa mengambil ibrah dari peristiwa tersebut.

 

"Terutama di masa pandemi diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini bisa menguatkan persepsi dan pemantapan pemahaman spiritual kader-kader PMII," ujarnya pada NU Online Jatim, Selasa (02/03/2021).

 

Liizza juga menambahkan, syarat dan ketentuan peserta lomba ini, yakni anggota PMII se-Malang Raya dengan batasan usia maksimal 25 tahun per 13 Maret 2021. Dilengkapi dengan surat delegasi masing-masing rayon dan peserta belum memiliki album komersial. Serta tidak terikat dengan kontrak label serta membawakan lagu islami.

 

"Adapun durasi penampilan maksimal tujuh menit dengan kualitas video baik dan jelas. Video yang dikumpulkan merupakan video baru dan belum pernah dipublikasikan peserta lomba dengan tim yang terdiri dari empat sampai tujuh orang (boleh campuran laki-laki dan perempuan)," tambah mahasiswa Program Studi Fisika UM ini.

 

Selain itu, timeline festival ini meliputi pendaftaran pada 28 Februari-09 Maret 2021, dilanjutkan dengan penjurian pada 10-11 Maret 2021 dan pengumuman pada 12 Maret 2021. Dalam lomba ini yang diambil ada tiga juara, dengan ketentuan tiap juara akan mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat. 

 

"Juara satu terbaik akan diundang pada acara puncak peringatan Isra' Mi'raj Ibnu Sina," ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Rayon PMII Ibnu Sina, Kharis Nurdin Hamid mengatakan peringatan Isra' Mi'raj ini ada serangkaian kegiatan yang pertama Fenas Ibnu Sina se-Malang Raya digelar secara online akan ditutup dengan puncak berkolaborasi dengan Rayon PMII Gallusia Komisariat Universitas Islam Malang (Unisma). Kegiatan ini akan digelar di Masjid Unisma pada tanggal 13 Maret 2021 mulai pukul 15.00 hingga selesai.

 

"Serangkaian acara puncak dimulai dengan banjari kemudian sambutan sambutan, mahallul qiyam, mauidloh hasanah, penampilan Syarhil Qur'an dan pembacaan juara festival nasyid kader PMII se-Malang Raya," terangnya.

 

Mahasiswa Program Studi Kimia UM ini menegaskan pelaksanaan kegiatan ini tentunya untuk meneladani peristiwa besar yang telah dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Kedua, untuk menjalin silaturahim antar kader PMII. 

 

"Serta bisa menambah serta memperkuat nilai religius dalam diri kader PMII terutama di masa pandemi ini kita bisa memetik ibrah serta nilai-nilai penting dalam peristiwa besar Isra' Mi'raj sebagai salah satu penguatan nilai-nilai citra diri ulul Albab PMII," tandas pemuda kelahiran Malang ini. 

 

Penulis: Indra Nurdien Hakim

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru