Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peringati Malam Nisfu Sya’ban, LAZISNU di Sidoarjo Santuni Puluhan Yatim

Peringati Malam Nisfu Sya’ban, LAZISNU di Sidoarjo Santuni Puluhan Yatim
UPZIS LAZISNU Ranting Banjarsari menggelar santunan untuk 35 anak yatim setempat di Masjid Sabilil Mustaqim, Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (28/03/2021) malam. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
UPZIS LAZISNU Ranting Banjarsari menggelar santunan untuk 35 anak yatim setempat di Masjid Sabilil Mustaqim, Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (28/03/2021) malam. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Malam Nisfu Sya’ban tahun ini bertepatan dengan hari Ahad (28/03/2021). Peringatan ini sekaligus menjadi momentum bagi umat Islam untuk mengamalkan berbagai amal shaleh, diantaranya dengan memberikan santunan kepada anak yatim.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, dengan menggelar santunan kepada 35 anak yatim di Masjid Sabilil Mustaqim desa setempat.

 

Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banjarsari, Nidlomuddin mengatakan, acara santunan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang digelar dalam rangka memperingati malam Nisfu Sya’ban 1442 H.

 

“Santunan yang dilakukan oleh LAZISNU ini sebagai wujud khidmah NU kepada jama’ah. Kita mentasharufkan santunan anak yatim per orang sebesar 500 ribu dalam bentuk tas sekolah, uang saku, dan sembako,” kata Nidlom kepada NU Online Jatim.

 

Nidlom menegaskan, bahwa UPZIS LAZISNU Ranting Banjarsari juga telah menyerahkan bantuan secara simbolis berupa material bahan bangunan untuk dua muhala di kawasan setempat yang sedang diperbaiki.

 

“Ini juga wujud semangat dari teman-teman LAZISNU dan NU dalam meneladani khidmah muassis. Sumber dana yang digunakan untuk kegiatan ini mayoritas berasal dari kaleng Koin NU Peduli, selain dari beberapa donatur tetap,” tegasnya.

 

Kepala Desa Banjarsari yang baru beberapa bulan dilantik ini mengungkapkan, rata-rata perolehan kaleng Koin NU Peduli di kawasan setempat sejumlah enam juta per bulan. Menurutnya, perolehan tersebut akan ditambah dengan pendapatan yang lainnya.

 

“Teman-teman juga sudah menyiapkan kemandirian ekonominya, dan kemarin sudah ada beberapa produk yang rencananya juga akan difasilitasi dan kemudian dibina oleh LAZISNU Ranting Banjarsari. Kami berharap kedepan ada sinergi dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Desa (Pemdes) dengan LAZISNU Ranting Banjarsari,” ungkapnya.

 

Rangkaian acara peringatan Nisfu Sya’ban di Desa Banjarsari ini diawali dengan napak tilas ke makam sesepuh desa, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Khatmil Qur’an. Dan puncak acaranya disemarakkan dengan santunan anak yatim sekaligus penyerahan bantuan untuk perbaikan musala, dan ditutup dengan pengajian umum.

 

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim