Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peringati Muharram dan Kemerdekaan, Ansor Sidogiri Ziarah Muassis NU

Peringati Muharram dan Kemerdekaan, Ansor Sidogiri Ziarah Muassis NU
Peserta ziarah makbarah muassis dan sesepuh NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud)
Peserta ziarah makbarah muassis dan sesepuh NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim

Bulan Muharram merupakan bulan pembuka awal tahun dalam kalender Hijriyah, sehingga menjadi bulan istimewa bagi umat Islam. Kali ini, keistimewaannya berlipat, karena 1 Muharram 1442 H berselang tiga hari dari perayaan hari ulang tahun kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

 

Dalam rangka menjaga tradisi tersebut, Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sidogiri Kabupaten Pasuruan mengadakan ziarah muassis dan sesepuh Nahdlatul Ulama. Dengan mengendarai motor, mereka berkirim doa ke makbarah yang ada di Kabupaten Pasuruan, Kamis (20/8).

 

“Pemberangkatan ziarah muassis dan sesepuh Nahdlatul Ulama ini dilaksanakan pada pukul 06.30 WIB dengan titik kumpul di Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Karanganyar,” kata Moh Aminuddin. Peziarah juga tetap menggunakan protokol kesehatan dan keamanan berkendara yaitu memakai masker dan helm.

 

Adapun rute yang ditempuh, meliputi Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Karanganyar, Pondok Pesantren terpadu Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo, Pondok Pesantren Syamsul Arifin. Berikutnya Makam Sentono Sladi Kejayan, Pesarean Mbah Semendi Winongan, dan pemandian Umbulan Winongan.

 

Menurut Ketua PAC GP ANSOR Sidogiri tersebut, kegiatan bertujuan mengingatkan warga Nahdlatul Ulama terhadap perjuangan para muassis dan sesepuh NU Kabupaten Pasuruan.

 

“Semoga acara ini semakin mempererat kekompakan teman-teman PAC GP Ansor Sidogiri, serta dapat mengingatkan kita kepada perjuangan muassis dan sesepuh NU Kabupaten Pasuruan, sehingga bisa ditularkan kepada PAC GP Ansor Sidogiri,” tegasnya.

PWNU Jatim