Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peringati Nuzulul Qur’an, LAZISNU Ranting Prasung Sidoarjo Berbagi Sejumlah Santunan

Peringati Nuzulul Qur’an, LAZISNU Ranting Prasung Sidoarjo Berbagi Sejumlah Santunan
Pengurus UPZIS LAZISNU Ranting Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo menyerahkan santunan anak yatim dan sejumlah santunan lainnya di Masjid Baitul Muttaqin desa setempat, Selasa (27/04/2021). (Foto: NOJ/LYR)
Pengurus UPZIS LAZISNU Ranting Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo menyerahkan santunan anak yatim dan sejumlah santunan lainnya di Masjid Baitul Muttaqin desa setempat, Selasa (27/04/2021). (Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Peringatan Nuzulul Qur’an pada bulan suci Ramadlan disambut antusias oleh umat Islam terutama warga Nahldatul Ulama (NU) dengan menggelar beraneka ragam kegiatan.

 

Sebagaimana yang dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Prasung, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo yang menggelar sejumlah santunan.

 

Penyerahan santunan kali ini dibingkai dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an dan dilangsungkan di Masjid Baitul Muttaqin desa setempat, Selasa (27/04/2021). Dihadiri oleh Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo KH Zaenal Abidin, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Buduran, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, dan tamu undangan lainnya.

 

Ketua LAZISNU Ranting Prasung H Abdul Mujib mengatakan, ada beberapa poin yang harus menjadi perhatian pengurus LAZISNU, yaitu menjaga amanah dan melaksanakan pentasharufan dengan tepat sasaran.

 

“Dengan segala daya dan upaya kita harus jaga dan tasharufkan dengan baik serta tepat sasaran untuk menyalurkan segala bentuk kepercayaan dan amanah yang sudah kita dapatkan dari warga nahdliyin. Khususnya dari Gerakan S3 (Sedekah Sedino Sewu) kepada dluafa dan yatim maupun mustahik, khususnya warga NU Desa Prasung,” Kata Mujib, sapaan akrabnya kepada NU Online Jatim.

 

Dijelaskannya, beberapa pentasharufan program LAZISNU Ranting Prasung dalam acara ini diantaranya penyaluran santunan pendidikan dan paket sembako untuk 43 anak yatim, beras untuk 66 dluafa, 70 buah meja lipat untuk santri TPQ, paket sembako untuk 10 orang petugas kebersihan makam dan marbot.

 

“Malam ini kami juga menyerahkan secara simbolis Kartu Prasung Sehat (KPS) tahap ketiga untuk 230 orang, 22 paket bingkisan Ramadlan untuk relawan UPZIS. Selain penyaluran santunan, kami juga menyerahkan SK dan ijin operasional JPZIS bagi masjid se-Desa Prasung serta penyerahan laporan triwulan pertama kepada Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo,” jelas putra Ketua PCNU Gresik tersebut.

 

Mujib mengungkapkan, bahwa dana yang digunakan untuk penthasarufan tersebut bersumber dari perolehan kaleng Koin NU Peduli. Dirinya mengapresiasi semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini.

 

“Kami ucapkan terima kasih kepada segenap panitia, pengurus Ranting NU Prasung, seluruh pengurus UPZIS dan donatur serta semua pihak, sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Tak lupa kami juga menyampaikan terimakasih kepada NU Online Jatim yang selalu aktif membangun komunikasi dengan kami dalam publikasi,” ungkapnya.

 

Dalam acara ini, puluhan anak yatim yang hadir diajak membaca tahlil dan doa bersama untuk 53 prajurit terbaik TNI Angkatan Laut awak kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan laut Bali dan wafatnya Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Agus Sunyoto.

 

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Sidoarjo, KH Zaenal Abidin dalam sambutannya menuturkan, LAZISNU Ranting Prasung menjadi salah satu contoh keberhasilan pengelolaan kaleng Koin NU Peduli di Kabupaten Sidoarjo.

 

"LAZISNU Ranting Prasung menjadi salah satu contoh keberhasilan pengelolaan gerakan kaleng hingga berhasil membeli mobil layanan umat untuk dluafa Desa Prasung," tutur Kiai Zaenal.

 

Editor: Risma Savhira

F1 Promosi Iklan