Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Perkuat Gizi Balita dan Ibu Hamil, ISNU di Bondowoso Bagikan Makanan Tambahan

Perkuat Gizi Balita dan Ibu Hamil, ISNU di Bondowoso Bagikan Makanan Tambahan
Pengurus ISNU Wonosari, Bondowoso usai menyerahkan makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)
Pengurus ISNU Wonosari, Bondowoso usai menyerahkan makanan tambahan kepada ibu hamil dan balita. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)

Bondowoso, NU Online Jatim

Hal yang harus diperhatikan selama pandemi adalah memperkuat imun tubuh. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambah nutrisi, khususnya bagi perempuan hamil dan anak bawah lima tahun atau Balita.

 

Karenanya, Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso membagikan biskuit. Hal tersebut diberikan secar Cuma-Cuma kepada ibu hamil dan Balita untuk penambah gizi.

 

“Kegiatan ini dalam rangka mencegah Covid-19 dengan cara meningkatkan imunitas dan menjaga gizi,” Hj Maryam, Jumat (18/12/2020).

 

Ketua PAC ISNU Kecamatan Wonosari tersebut menjelaskan bahwa pemberian biskuit penambah gizi ini untuk ibu hamil  dan balita disalurkan ke beberapa desa di Kecamatan Wonosari.

 

"Di antaranya adalah Desa Bendoarum, Wonosari, Sumber Kalong, Tangsil wetan dan Traktakan. Di desa lainnya akan menyusul," jelasnya.

 

Disampaikan bahwa untuk menghindari kerumunan, maka pembagian biskuit dilakukan oleh pengurus dengan cara mendatangi rumah warga. "Hal itu untuk menghindari kerumunan, serta untuk lebih dekat dengan masyarakat dan mengetahui kelayakan penerima bantuan," jelasnya.

 

Dikemukakan Hj Maryam, pemberian biskuit gratis mengutamakan Balita yang kurang asupan gizi. Karena itu untuk memastikan keberadaan mereka, maka pengurus melakukan koordinasi dengan beberapa elemen desa yang ada.

 

“Pengurus sudah berkoordinasi dengan beberapa desa yang ada di Kecamatan Wonosari dan akan melakukan pendataan sasaran penerima bantuan,” urainya.

 

Ditambahkan Hj Maryam, bantuan berasal dari Pengurus Cabang (PC) ISNU Bondowoso yang distribusikan kepada  PAC ISNU Wonosari dan ke beberapa PAC lain. “Dari kegiatan ini kami berharap bisa memberi manfaat bagi masyarakat di masa pandemi dan selalu menjaga kesehatan,” ungkapnya.

 

Apa yang dilakukan ISNU ini disambut suka cita warga. Karena dalam pandangan mereka, pandemi telah memberikan dampak bagi pemasukan suami. Dengan demikian, asupan gizi bagi mereka yang hamil dan memiliki Balita, harus berkurang.

 

“Kami berterima kasih kepada ISNU Wonosari yang telah memberikan bantuan ini. Insyaallah ini akan bermanfaat untuk kami bagi ibu-ibu hamil,” kata salah seorang warga.

Iklan promosi NU Online Jatim