Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Perkuat Lembaga, LAZISNU di Gresik Adakan Bimtek

Perkuat Lembaga, LAZISNU di Gresik Adakan Bimtek
Kegiatan Bimtek yang diadakan LZISNU MWCNU Dukun, Kabupaten Gresik, Sabtu (06/03/2021). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).
Kegiatan Bimtek yang diadakan LZISNU MWCNU Dukun, Kabupaten Gresik, Sabtu (06/03/2021). (Foto: NOJ/ Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU)  Majelis Wakil Cabang (MWC)  NU Dukun mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek), Sabtu (06/03/2021). Kegiatan ini berlangsung di Aula MWCNU Dukun dengan peserta Ketua, Sekretaris dan Bendahara LAZISNU Ranting se Kecamatan Dukun.

 

Bimtek tersebut merupakan program LAZISNU MWCNU Dukun yang seharusnya terlaksana satu tahun yang lalu. Akibat Pandemi Covid-19 akhirnya Bimtek bisa dilaksanakan hari ini.

 

Keberadaan LAZISNU diantaranya memiliki peran dan fungsi melaksanakan program sosial, pendidikan, kesehatan, santunan kematian dan kebencanaan. Dalam melaksanakan program tersebut, LAZISNU harus dikelola dengan baik. Mengedepankan profesionalitas, tertib adminstrasi, dan menerapkan manajemen yang baik.

 

Bimtek ini menghadirkan narasumber dari NU Care LAZISNU Plumpang Kabupaten Tuban dan Kabupaten Gresik.

 

Rois Syuriah MWCNU Dukun, KH Ahmad Thoyyib Mas'udi mengatakan, pihaknya bangga dengan LAZISNU yang bisa mengadakan  Bimtek kali ini. "Semoga kegiatan ini nanti bisa dilanjutkan dengan terobosan dan inovasi baru di masing-masing ranting," tuturnya.

 

Ia berharap, LAZISNU mendukung pengembangan ekonomi dengan membeli di unit usaha MWCNU Dukun. Diantaranya di Nusa Print, Roti Numani, Toko Plastik, serta agen majalah Aula.

 

"Dan rencana akan membangun rumah sakit. Kalau ini kita kompak insyaallah kita dimudahkan Allah. Contoh saja ketika kita akan membangun aula, kita sama sekali tidak punya uang. Dan hanya punya modal keyakinan dan kekompakan. Alhamdulillah satu tahun aula MWCNU Dukun bisa ditempati," jelas Kiai Thoyyib.

 

Bimtek ini menjadi menarik ketika ada salah satu peserta yang memberikan testimoni akan inovasinya terkait sedekah sampah yang dikelola LAZISNU Ranting Baron Selatan.

 

"Jadi sampah itu bisa dikelola dengan baik dan bisa memberikan tambahan pendapatan LAZISNU ranting dari sedekah atau bang sampah tersebut. Dan progres ini alhamdulillah berjalan dengan baik dan dapat dukungan masyarakat," kata Qomari, pengurus LAZISNU Ranting Baron Selatan.

 

Sementara itu, Syifaul Qulub Wakil Sekretaris PCNU Gresik mengatakan, pihaknya mengapresiasi LAZISNU MWCNU Dukun bisa mengadakan Bimtek. "Kita bisa mengelola perencanaan dan akuntabilitas LAZISNU karena kedua hal tersebut sangat menentukan keberlangsungan pengembangan LAZISNU," katanya.

 

 

Ia juga memberikan apresiasi atas kreatifitas dan inovasi dari Ranting Baron Selatan atas Gerakan Sedekah Sampah (GSS). "Saya sangat mendukung dan akan menduplikat GSS di tempat yang lain. Dengan GSS kita semakin cinta akan lingkungan, peduli dengan lingkungan yang bersih dan peduli dengan sampah. Terutama sampah plastic," pungkas Gus Afuq sapaan akrabnya.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)