Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Perkuat Perjuangan, Ansor di Gresik Raker di Makam Batu Ampar

Perkuat Perjuangan, Ansor di Gresik Raker di Makam Batu Ampar
Raker di Batu Ampar Pamekasan sebagai sarana melecut semangat pengabdian. (Foto: NOJ/Syafik H)
Raker di Batu Ampar Pamekasan sebagai sarana melecut semangat pengabdian. (Foto: NOJ/Syafik H)

Gresik, NU Online Jatim

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya melecut semangat perjuangan. Salah satunya dengan melakukan perjalanan religi dan menggelar rapat kerja atau raker di tempat yang sarat berkah.

 

Ini juga yang dapat ditangkap dari Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Petiyintunggal, Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Mereka menggelar perjalanan religi sekaligus raker di Batu Ampar, Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Pamekasan.

 

Raker tersebut mengusung tema N3 yakni ngopi, ngaji dan ngabdi. Yang mana sebelum rapat dilaksanakan, peserta melaksanakan khatmil Qur'an di makam aulia Batu Ampar.

 

“Alhamdulillah pengurus Ansor Petiyintunggal bisa melaksanakan raker dengan penuh khidmah. Semoga penuh dengan inspirasi dan berkah dari aulia muassis NU tepat momen Harlah ke-95 NU,” kata Moh Badruddin, Ahad (31/01/2021).

 

Ketua PR Ansor Petiyintunggal tersebut menjelaskan raker mengusung tiga kata yakni ngopi adalah ngolah pikir untuk berdiskusi memecahkan masalah dengan memberikan konsep setiap program GP Ansor.

 

“Ngaji adalah merupakan kegiatan bersama membaca kalam ilahi dan ritual untuk berkontemplasi mendekatkan diri kepada Allah,” jelasnya.

 

Makna ngabdi adalah bagian khidmah Ansor kepada NU, masyarakat dan lebih luas lagi NKRI. "Semoga ini bisa kita wujudkan dalam masa periode 2020-2022,” harapnya.

 

Badruddin menambahkan, selain N3 dirinya mengajak untuk selalu kompak dalam kegiatan Ansor. "Profesi apapun sahabat Ansor monggo tetap khidmah dan mengabdi di masyarakat sebagai pelayan masyarakat untuk memberikan terbaik di ranting atau desa,” harapnya.

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Dukun,  Syahidin menegaskan, Ansor dan Banser dan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor atau MDS RA bisa berkumpul dan menjadikan media penguatan dan silaturahim organisasi.

 

"MDS RA harus rutin dilaksanakan. Minimal satu bulan sekali untuk bertemu sebagai bentuk menghidupkan program Ansor dan penguatanya,” katanya.

 

Dia berharap raker bisa ditindaklanjuti dengan tahapan dan jadwal program ke depan.

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan