Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Persiapan Pelatihan Khatib dan Shalat Sempurna, Panitia Gelar Screening Peserta

Persiapan Pelatihan Khatib dan Shalat Sempurna, Panitia Gelar Screening Peserta
Screening peserta pelatihan khotib dan shalat sempurna. (Foto: NOJ/M Haikal)
Screening peserta pelatihan khotib dan shalat sempurna. (Foto: NOJ/M Haikal)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Departemen Bidang Dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Candi, Sidoarjo yang bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Candi akan menggelar pelatihan khatib dan shalat sempurna pada Sabtu hingga Ahad (27-28/03/2021).

 

M Habibi, ketua pelaksana mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan khatib-khatib yang kompeten.

 

"Pelatihan khatib dan shalat sempurna ini tujuannya adalah mempersiapkan khatib-khatib yang mumpuni dalam bidangnya, dan mengetahui dasar hukum tentang khatib. Sehingga bisa menjalankan tugas menjadi khatib dengan baik. Kami juga mengutamakan sanad kepada Rasulullah agar dapat menyempurnakan ilmu tentang khatib kepada peserta," katanya.

 

Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, peserta harus mengikuti screening yang dilakukan pada Rabu (24/03/2021) dan bertempat di aula kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candi. Tahapan screening yang dilakukan peserta adalah menyetorkan hafalan surat surat dalam Al Qur'an yang ditentukan panitia, dan menyetorkan teks khutbah yang nantinya akan dibacakan pada hari dan tanggal pelaksanaan. 

 

Tujuan diadakan screening ini adalah untuk memilah antara khatib yang memang memiliki jam terbang, khatib muda yang belum berpengalaman, dan juga kader kader muda Nahdliyin yang tertarik menjadi khatib.

 

"Untuk peserta kita menyasar dari beberapa kategori yaitu utusan dari masjid yang ada di Kecamatan Candi, utusan dari Pengurus Ranting NU, dan juga terbuka untuk umum dari dalam maupun luar wilayah Candi. Dan di sini tujuan screening selain untuk mengklasifikasikan asal dan latar belakang peserta, kita akan mengelompokkan peserta tergantung dari capaian atau kapasitas peserta," ungkapnya.

 

Panitia pun berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sesuai tujuan pelatihan yakni dapat menimba ilmu dan tips seputar khutbah serta dapat menyempurnakan ilmu seputar khutbah dan shalat. 

 

"Nantinya peserta yang memang mampu dan siap untuk praktik akan didistribusikan ke masjid-masjid di Kecamatan Candi untuk mengaktualisasikan ilmu yang didapat di pelatihan ini," pungkasnya.

 

Penulis: M Haikal

Editor: Risma Savhira

Bank Jatim (31/7)