Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pesantren Al Rifa'i 2 Malang Wujudkan Swasembada Pangan Organik

Pesantren Al Rifa'i 2 Malang Wujudkan Swasembada Pangan Organik
Sawah padi hitam milik Pondok Pesantren Al Rifa'i 2 Malang. (Foto: NOJ/opopjatim)
Sawah padi hitam milik Pondok Pesantren Al Rifa'i 2 Malang. (Foto: NOJ/opopjatim)

Malang, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Al Rifa’i 2 Malang bersama One Pesantren One Product (OPOP) Jatim berhasil mewujudkan cita-cita swasembada pangan organik. Hal tersebut disampaikan oleh H Ach Rofik, Direktur Ekonomi Bisnis Pesantren.

 

“Pertanian beras hitam koppontren Al-Rifaie 2 Malang ini bermula dari kegiatan opop expo yang dilenggarakan oleh Tim OPOP Jatim dan didukung Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur,” katanya, Kamis (27/05/2021).

 

Rofik menjelaskan bahwa bibit padi hitam didapat dari Pondok Pesantren Modern Sumber Daya At-Taqwa (Pomosda) Nganjuk.

 

“Bukan hanya bibitnya, tapi cara bercocok tanamnya kami juga diajari dan didampingi tim dari Pomosda. Manfaat dari beras hitam ini juga banyak sekali, diantaranya cocok untuk mengurangi risiko diabetes,” jelasnya.

 

Adanya kerja sama antar pondok pesantren ini telah memberikan dampak positif. “Kegiatan ini memberi dampak positif diantaranya sinergi dan kolaborasi antar pesantren di Jatim,” ungkapnya.

 

Diketahui hingga saat ini program OPOP Jatim sudah diikuti 550 Pondok Pesantren se-Jatim. Diharapkan melalui program prioritas Pemprov Jatim tersebut, terjalin kerja sama antar Pondok Pesantren dalam berbagai aspek, diantaranya aspek swasembada pangan.

Bank Jatim (31/7)