Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pesantren Darun Najah Lumajang Seriusi Budi Daya Maggot

Pesantren Darun Najah Lumajang Seriusi Budi Daya Maggot
Santri Pesantren Darun Najah Lumajang memperhatikan budi daya maggot. (Foto: NOJ/ISt)
Santri Pesantren Darun Najah Lumajang memperhatikan budi daya maggot. (Foto: NOJ/ISt)

Lumajang, NU Online Jatim

Sejumlah terobosan dilakukan Pondok Pesantren Darun Najah, Petahunan, Lumajang. Setelah sukses menahbiskan diri sebagai pondok percontohan Badan Usaha Milik Pesantren atau Bumtren di kota pisang tersebut, usaha lain tengah digeluti.

 

Kali ini adalah dengan melakukan kunjungan pembelajaran budi daya magggot. Kegiatan dipusatkan di RT 4 RW 5 Ditotrunan yang didampingi Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang.

 

“Budi daya maggot sebagai pakan alternatif pakan ikan dan ternak karena bisa mempercepat kenaikan bobot ikan dan ternak,” kata Nyai Hj Chullatul Lutfiyah, Senin (01/03/2021).

  

Pengasuh Pondok Pesantren Darun Najah tersebut bahwa manfaat lain dari maggot juga bisa membantu permasalahan sampah organik yang menggunung.

 

“Dengan demikian, usaha budi daya maggot nantinya sebagai alternatif usaha yang menjanjikan bagi pesantren,” kata perempuan yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Putri Lumajang tersebut.

 

Dijelaskan alumni Pondok Pesantren Salafiyah Bangil, Pasuruan ini bahwa pertimbangan lain adalah dari sisi panen. “Apalagi masa panennya relatif cepat, sekitar 15 hari. Jadi budi daya maggot perlu dicoba oleh siapa saja, terutama para petani dan peternak,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut dikemukakan bahwa budi daya ini untuk menekan biaya pakan ikan lele yang selama ini mengandalkan pelet.

 

Dikemukakannya bahwa maggot ternyata ulat yang unik, berbeda dengan ulat atau belatung umumnya.

 

“Belatung ini bukanlah belatung biasa, melainkan larva dari black soldier fly atau BSF yang dalam tubuhnya mengandung zat antibiotik alami sehingga tidak membawa agen penyakit,” urai dia.

 

Pertimbangan lain menjadikan budi daya maggot sebagai pilihan karena cara membudi dayakannya mudah. Tidak butuh lahan luas dan hasil keuntungan yang besar.

 

“Budi daya maggot cukup mudah dan murah karena tidak memerlukan teknologi yang canggih dan tidak memakan banyak biaya. Selain itu, maggot memiliki manfaat sebagai pakan ikan karena memiliki banyak protein,” pungkasnya.

PWNU Jatim