Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pesantren Mambaul Ulum Malang Miliki Tanaman Singkong Raksasa

Pesantren Mambaul Ulum Malang Miliki Tanaman Singkong Raksasa
Tanaman hasil panen milik Pondok Pesantren Mambaul Ulum Malang. (Foto: NOJ/ti)
Tanaman hasil panen milik Pondok Pesantren Mambaul Ulum Malang. (Foto: NOJ/ti)

Malang, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Malang merupakan salah satu pesantren yang memiliki perkebunan cukup produktif. Hal tersebut ditandai dengan hasil panen berupa singkong, pisang cavendis, dan alpukat yang ukurannya menarik perhatian.

 

Pesantren Mambaul Ulum memiliki tanaman singkong yang dapat menghasilkan singkong dengan berat lebih dari 10 kilogram. Muhammad Hidayat, salah satu santri Mambaul Ulum menjelaskan, bahwa rata-rata Malang selatan memang menghasilkan singkong dengan ukuruan besar.

 

“Ini bibitnya dari Malang Selatan. Bisa sebesar ini tergantung perawatannya. Singkong kami hanya diberi pupuk organik, juga pengolahan tanahnya diperhatikan bagaimana pH-nya bisa netral sehingga hasilnya pun bagus,” katanya, Kamis (31/12/2020).

 

Dirinya mengungkapkan, bahwa produk-produk Mambaul Ulum ini telah dikenal masyarakat luas.

 

“Produk singkong raksasa ini kami ikutkan dalam Expo One Pesantren One Product (OPOP). Sehingga dapat menunjang pemasarannya,” ungkapnya.

 

Hidayat berharap, setelah mengikuti pameran, produknya bisa lebih berkembang sampai ke luar negeri.

 

“Harapannya setelah ikut OPOP ini bisa lebih berkembang lagi, terus produk kita bisa dijual diluar juga tidak hanya di Malang tapi juga bisa seluruh Jatim, Nasional bahkan ke luar negeri,” pungkasnya.

Iklan promosi NU Online Jatim