MUSKERWIL NU JATIM 2019

Peserta Muskerwil Jangan Lupa Singgah di Rawon Nguling

Peserta Muskerwil Jangan Lupa Singgah di Rawon Nguling
Rumah Makan Rawon Nguling. (Foto: GridId)
Rumah Makan Rawon Nguling. (Foto: GridId)

Pasuruan, NU Online Jatim
Rawon merupakan makanan khas warga Pasuruan dan banyak dijumpai baik di rumah makan, warung biasa ataupun di sepanjang jalan. Termasuk di Pasuruan. Akan tetapi dari sekian banyak warung yang ada, sajian di Rumah makan Nguling layak menjadi pertimbangan. Bahkan warga luar kota yang berasal maupun pernah mampir di daerah santri ini tak akan melupakan menu yang satu ini.

 

Bagi peserta Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) I Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang pasti melewati Pasuruan, ada baiknya singgah di Rumah Makan  (RM) “Rawon Nguling” yang terletak di sebelah utara pinggir jalan raya Pantura Pasuruan-Probolinggo. Tepatnya di timur jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan-Probolinggo.

 

Di RM Rawon Nguling ini memiliki menu masakan yang khas dibanding dengan sejumlah rumah makan lainnya, di mana salah satu yang khas adanya daging empalnya yang empuk dan sedap untuk dimakan. Tak heran bila mana para pecinta kuliner selalu menyempatkan waktunya untuk mampir ke rumah makan yang didirikan sekitar 1950-an tersebut.

 

Bang Johan, salah satu pengunjung di rumah makan ini mengaku, kalau dirinya sudah seringkali mampir di rumah makan yang saat ini sudah membuka belasan cabangnya di kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Jakarta, dan di daerah kota besar lainnya. Bahkan dirinya bersama rekannya selalu mampir ke RM ini saat perjalanan dari Surabaya menuju Probolinggo.

 

“Setiap kali usai dari rumah saudara di Probolinggo, saya jarang sekali untuk absen mampir ke rumah makan ini. Sebab kuah nasi rawon yang disajikan di sini sangat lezat dan sedikit manis. Sehingga membuat saya jadi ketagihan,” katanya.

 

“Ya. Pokoknya kalau gak makan nasi rawon rasanya kurang pas. Karena sudah lama menu ini saya sukai, karena beda banget mulai dari bumbunya yang khas. Pokoknya di sini yang menjadi menu pilihan favorit saya cuman nasi rawonnya saja. Sebab rasanya sangat berbeda dengan nasi rawon di rumah makan lainnya,” ungkapnya.

 

Jadi, peserta Muskerwil I NU Jatim bisa singgah di warung legendaris yang juga donatur salah satu panti asuhan milik PCNU Kota Prolinggo ini. 

 

Editor: Syaifullah

Iklan Medsos