Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PMII dan GP Ansor Harap Pemerintah Serius Membangun Sidoarjo

PMII dan GP Ansor Harap Pemerintah Serius Membangun Sidoarjo
Pertemuan PMII Sidoarjo dengan GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/RS)
Pertemuan PMII Sidoarjo dengan GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/RS)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) gelar pertemuan dengan ketua umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Sidoarjo di kantor GP Ansor, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Selasa (17/2/2021).

 

Pertemuan kali ini bersama Rizza Ali Faizin yang merupakan ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor dan juga Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo. PMII memiliki tujuan yang penting, bukan hanya terkait program kerja PMII satu tahun ke depan melainkan menjadi langkah awal sebagai partner kritis dalam mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

 

"Komunikasi ini memang harus dijalin, karena secara struktural PMII bukan Badan Otonom (Banom) NU, tapi ruh pergerakan yang diperjuangkan PMII tidak bisa dipisahkan dengan NU," kata Gus Rizza.

 

Rizza Ali Faizin yang memiliki panggilan akrab Gus Rizza ini juga mengapresiasi kedatangan sahabat-sahabat PMII, dan berharap komunikasi antara PMII dengan PC Ansor khusus nya bisa terus terjalin akan tetapi  PMII tidak hanya terlibat sebagai mitra kritis pemerintah, mengkritik kebijakan yang tidak sesuai tapi juga ikut andil dalam proses perencanaan pembangunan.

 

Selain itu, Romlah Ketua PC PMII Kabupaten Sidoarjo, silaturahim kali ini dalam rangka ta'aruf serta menyampaikan beberapa program yang berkaitan dengan arah laju gerakan PMII Sidoarjo ke depan. Setidaknya kami bisa bersinergi dan didorong dalam beberapa program yang secara kultural berhubungan dengan NU, khususnya Ansor.

 

"Agenda ini dimaksudkan sebagai wujud penguatan hubungan dalam membangun sinergitas dengan Banom NU dan pihak pemerintah daerah," terangnya.

 

Lebih jauh Romlah mengingatkan kembali istilah yang disampaikan Indra selaku ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PC PMII Sidoarjo saat momentum pelantikan PC PMII waktu lalu.

 

"Kalau bisa PMII tidak hanya mencicipi, yang ketika tidak enak hanya protes. Melainkan juga ikut andil menawarkan resep. Karena bupati kita yang sekarang juga dari NU, yang itu artinya dengan mudah kita juga bisa terlibat dalam proses penentuan kebijakan," ungkapnya.

 

Selain itu, PC PMII Sidoarjo juga tidak akan melewatkan proses penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Jangan sampai dalam proses perumusan arah kebijakan dan strategi pembangunan Sidoarjo lima tahun ke depan, pemerintah tidak serius dalam melakukan perencanaan. Sehingga banyak program pemerintah yang gagal untuk direalisasikan.

 

"PMII Kabupaten Sidoarjo akan fokus mengawal proses penyusunan perencanaan bupati terpilih yang akan dilantik dalam waktu dekat ini," tegasnya

 

Penulis: Rachmad Salam

Editor: Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim