Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PMII di Kediri Bekali Mahasiswa Baru Keterampilan Membuat Makalah

PMII di Kediri Bekali Mahasiswa Baru Keterampilan Membuat Makalah
Diklat pembuatan makalah oleh PMII Rayon Sunan Ampel Kediri. (Foto: NOJ/Siduel)
Diklat pembuatan makalah oleh PMII Rayon Sunan Ampel Kediri. (Foto: NOJ/Siduel)

Kediri, NU Online Jatim

Sejumlah kepengurusan tingkat Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Ampel Kediri menyelenggarakan pendidikan dan latihan pembuatan makalah. Acara ini diselenggarakan di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Bandar Kidul, Ahad (11/10/2020).

 

Puluhan peserta yang merupakan mahasiswa baru terlihat demikian antusias menyimak materi. Hal tersebut karena mereka masih awam terkait teknis dan cara pembuatan makalah.

 

"Materi yang disampaikan adalah teknis membuat makalah sebagai tugas yang sering diberikan dosen kepada mahasiswa," kata Fadlulloh selaku Ketua Rayon PMII As-Syafi'i.

 

Diklat ini menjadi program kerja devisi kaderisisi sekaligus sistem perekrutan dengan jemput bola dalam mengenalkan PMII. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan untuk menunjang perkuliahan khususnya saat dalam jaringan atau daring. Karena makalah sebagai asupan rutin dalam perkuliahan, sehingga mahasiswa dituntut untuk ahli dalam membuatnya.

 

"PMII hadir agar dapat membimbing mahasiswa baru dalam membuat makalah dengan baik dan benar,” kata Dimas, Ketua PMII Rayon Raden Sa'id.

 

Dirinya juga mengenalkan dinamika pembelajaran mahasiswa, pembuatan makalah, sekaligus mengenalkan PMII sebagai organisasi kemahasiswaan yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jama'ah.

 

“Ini agar mereka tetap mengawal kampus dari paham radikal,” ungkapnya.

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh M Anang Firdaus selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri. Tampak bergabung Fathur Rochman selaku Presiden Mahasiswa IAIN Kediri 2018-2019 dan  Fandi Dian Arifin, Wakil Presiden Mahasiswa 2019-2020.

 

Kegiatan juga diisi sosialisasi Mapaba atau Masa Penerimaan Anggota Baru yakni jenjang kaderisasi formal sebagai syarat menjadi anggota PMII.

F1 Promosi Iklan