Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PMII IAIN Kediri Bekali Mahasiswa Baru Cakap Menulis Makalah

PMII IAIN Kediri Bekali Mahasiswa Baru Cakap Menulis Makalah
Diklat Makalah yang digelar PMII IAIN Kediri bagi mahasiswa baru. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Diklat Makalah yang digelar PMII IAIN Kediri bagi mahasiswa baru. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Abunawas Komisariat Sunan Ampel Kediri mengadakan Diklat Makalah. Kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang kepenulisan, khususnya makalah.

 

Kegiatan dipusatkan di Aula Perpustakaan Lama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Kamis (23/09/2021). Acara tersebut diikuti 80 peserta secara luring dan 280 peserta secara daring via zoom meeting.

 

“Peserta yang ikut terdiri dari sejumlah program studi, di antaranya Pendidikan Agama Islam, Tadris Matematika, Tadris Bahasa Indonesia, Manajemen Pendidikan Islam, dan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam,” ujar Ketua Rayon PMII Abu Nawas, Ahmad Muna'am Abror.

 

Ia menambahkan, bahwa diklat makalah tersebut merupakan upaya untuk mewadahi para mahasiswa, utamanya mahasiswa baru, agar dapat memahami teknis penulisan makalah yang baik dan benar

 

“Karena sebagian dari mereka masih asing dengan teknik dan tatacara dalam penulisan makalah,” tutur A’am, sapaan akrabnya.

 

A'am juga menyebutkan, sebagai mahasiswa penting kiranya untuk juga mengembangkan keilmuan di luar kampus. Tidak hanya literasi dan prestasi yang harus ditingkatkan, namun organisasi dan kepemimpinan perlu pula dikembangkan sebagai wadah implementasi keilmuan yang ada di kampus.

 

"Mengingat, hanya 25% saja materi yang bisa didapatkan di kampus, sedang sisanya di luar kampus," terang Alumni Pondok Pesantren Al-Amien Kediri ini.

 

Oleh karenanya, dirinya mengatakan akan membuka pintu selebar-lebarnya bagi mahasiswa yang ingin berproses bersama di PMII. Sebab, menurutnya PMII tidak hanya sebagai organisasi namun juga sebagai wadah belajar dan berjejaring seluas-luasnya.

 

"Kami tunggu partisipasi kalian di Mapaba XXII Rayon Abu Nawas nanti,” pungkasnya.


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)