Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PMII Sumenep Luncurkan Buku Napak Tilas Gerakan Mahasiswa

PMII Sumenep Luncurkan Buku Napak Tilas Gerakan Mahasiswa
Poster peluncuran buku 'Napak Tilas Gerakan Mahasiswa' oleh PMII Sumenep. (Foto: NOJ/MA)
Poster peluncuran buku 'Napak Tilas Gerakan Mahasiswa' oleh PMII Sumenep. (Foto: NOJ/MA)

Sumenep, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sumenep meluncurkan buku berjudul Napak Tilas Gerakan Mahasiswa: Historiografi PMII Sumenep Tahun 1999-2007. Peluncuran buku ini dilaksanakan di Sekretariat PC PMII Sumenep, Ahad (11/04/2021).

 

Buku ini berisi tentang sejarah PMII di Kabupaten Sumenep. Secara deskriptif buku ini menyajikan catatan dari embrio, seputar kelahiran, hingga perjalanan PMII. 

 

Hadirnya buku ini menjadi khazanah yang sangat langka di organisasi PMII, karena tidak banyak kader PMII memiliki keseriusan dalam menekuni sejarah.

 

H  Abd Aziz Nasir, Ketua Mabincab PMII Sumenep mengatakan, upaya yang dilakukan Akh Fauzi menulis buku tersebut patut diapresiasi. Berkat upayanya, sejarah PMII Sumenep dalam periode 1999 sampai 2007 dapat dibukukan dengan baik. 

 

"Ini Buku sangat penting keberadaan soal sejarah PMII di Sumenep," tuturmya

Sementara itu, Ketua PC PMII Sumenep Hariyanto berharap buku ini menjadi dasar para kader PMII untuk terus istiqamah membesarkan organisasinya di Sumenep.

 

"Secara pribadi kami menyambut baik kehadiran buku ini dan diharapkan buku ini akan menjadi tabayyun kader PMII kepada the founding fathers PMII Sumenep," kata Hariyanto

 

Ia melanjutkan, semoga nantinya buku ini menjadi pemantik bagi  kader untuk banyak diskusi, membuka kajian-kajian dan penelitian lanjutan atas kesejarahan pergerakan mahasiswa di Sumenep.

 

"Menjadi pemacu terbitnya banyak karya lain dari kader-kader PMII khususnya. Buku ini bukan final, tapi justru awalan yang baik," pungkasnya.

 

Penulis: Mahrus Ali

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim