• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

PMII Umaha Sidoarjo Keliling Kampung Bagikan Sembako dan Takjil Gratis

PMII Umaha Sidoarjo Keliling Kampung Bagikan Sembako dan Takjil Gratis
PK PMII Umaha bersama PW LAZISNU Jatim membagikan santunan untuk para duafa. (Foto: NOJ/Yuli R)
PK PMII Umaha bersama PW LAZISNU Jatim membagikan santunan untuk para duafa. (Foto: NOJ/Yuli R)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Masyarakat di Indonesia harus bersiap akan adanya dampak besar yang ditimbulkan akibat pandemi Corona (Covid-19) yang masih merebak hingga saat ini. Seluruh elemen bangsa harus bersatu padu untuk secara bersama mengatasi dampak besar tersebut, terutama di sektor pangan.

 

Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Ma’arif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo bersama Pimpinan Wilayah (PW) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur menggelar bakti sosial (Baksos). Kegiatan dipusatkan di Dusun Losari, Desa Kletek, Kecamatan Taman, Kamis (30/4).

 

Ketua PK PMII Umaha, Hasan menuturkan kegiatan dilakukan dalam bentuk membagikan ratusan masker dari PW LAZISNU Jatim, sembako, serta takjil bagi warga yang terdampak Covid-19. Penerima santunan diprioritaskan janda, lansia, dan tunakarya.

 

Dengan dibantu Ketua Rukun Warga (RW) 003, bantuan disalurkan agar dapat terdistribusikan tepat sasaran. 

 

“Pemberian bantuan diharapkan dapat sedikit meringankan beban dan memutus penyebaran Covid-19 yang ada di tengah masyarakat,” tutur Hasan.

 

Ia menjelaskan bahwa gerakan Baksos ini merupakan inisiatif dari pengurus, kader dan anggota PK PMII Umaha sebagai bagian perwujudan dari Nilai Dasar Pergerakan (NDP), yaitu hubungan dengan manusia (hablum minannas) khususnya dalam rangka upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

“Dalam menyalurkan bantuan para aktivis PMII Umaha tetap berpedoman pada protokol kesehatan dengan menerapkan jaga jarak atau physical distancing dan memakai masker, juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap memperhatikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

 

Hasan berharap masyarakat tetap tenang, senantiasa memperhatikan protokol kesehatan dan saling gotong-royong. Menurutnya kegiatan baksos akan terus digalang oleh aktivis PMII Umaha selama pandemi Covid-19 berlangsung. 

 

“Kami berharap masyarakat tetap tenang dan tidak panik, memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, serta saling gotong-royong melawan pandemi ini,” pungkasnya.

 

Manajer Operasional PW LAZISNU Jatim, Dodi Dyauddin saat dikonfirmasi NU Online Jatim mengemukakan bahwa pihaknya senang bisa Baksos bareng PMII Umaha.

 

"Meskipun kegiatan kerja sama seperti ini baru pertama kali dilakukan secara door to door dalam pembagian bantuan kepada masyarakat. Tapi kami merasa sangat senang bisa bekerja sama dengan PMII Umaha dalam kerja-kerja kemanusiaan seperti ini,” ungkap Dodi.

 

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan kepada masyarakat jika ingin berdonasi, berinfaq dan bersedekah dapat langsung menghubungi PW LAZISNU Jatim.

 

Sementara itu Ketua RW 003, Jaenuri mewakili warga menyampaikan terima kasih kepada aktivis PMII dan PW LAZISNU Jatim atas bantuan yang diberikan.

 

"Mewakili warga RW 003 Desa Kletek kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada aktivis PMII Umaha dan PW LAZISNU Jatim yang telah memberikan bantuan kepada warga, semoga mendapatkan balasan yang terbaik dari Allah SWT,” ucapnya. 

 

Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru