Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Podcast Kepesantrenan, Salah Satu Program Ramadlan Pesantren Ngalah Pasuruan

Podcast Kepesantrenan, Salah Satu Program Ramadlan Pesantren Ngalah Pasuruan
Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin
Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin

Pasuruan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Ngalah, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan akan menyelenggarakan program khusus Ramadlan di tengah Pandemi Covid-19. Di antara kegiatannya adalah ‘Ngaji Kilatan Online’ dan Podcast Kepesantrenan.

 

“Sebelum ada Corona, kebanyakan santri ketika Ramadlan kembali ke pondok, ngaji kilatan. Terus ada Corona, akhirnya ngaji kilatan dikemas secara online, live streaming di Youtube Ngalah TV,” ujar Insanun Kamil Billah, Pengurus Ponpes Ngalah kepada NU Online Jatim, Rabu (07/04/2021).

 

Menurutnya, kegiatan ‘Ngaji Kilatan Online’ tersebut dalam rangka melayani kebutuhan mengaji santri yang pulang di bulan Ramadlan.

 

“Untuk tetap melayani pendidikan santri di rumah. Orang tua juga ikut mengawasi anak-anak. Biar tidak dolan (bermain) saja, biar tetap mengaji,” imbuh santri asal Kecamatan Wonorejo tersebut.

 

Lebih lanjut, Cak Iqbal, sapaan akrabnya, menjelaskan tentang nama kitab dan jadwal pelaksanaan kegiatan ‘Ngaji Kilatan Online’ tersebut.

 

“Ngaji kilatan online ini dilaksanakan setiap hari. Untuk santri tingkat Ula mengaji kitab Dardirul Mi’roj, diampu oleh Gus H Muhammada, setiap pukul 20.00-21.00 WIB. Sedangkan untuk santri tingkat Wusto mengaji kitab Bidayatul Hidayah, diampu oleh Ustadz M Faidlus Syukri pada pukul 16.00-17.00 WIB,” pungkas Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan tersebut.

 

 

Selain ‘Ngaji Kilatan Online’, pengurus juga mengadakan kegiatan semaan Al-Qur’an One Day One Juz, setiap hari Sabtu ada Podcast Kepesantrenan dan untuk hari Minggu ada kegiatan Jejak Rohani.  

 

Editor: Romza

F1 Promosi Iklan