• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Matraman

Ponpes Darul Ulum Jombang Berduka, Nyai Azah As'ad Wafat

Ponpes Darul Ulum Jombang Berduka, Nyai Azah As'ad Wafat
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jombang, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, Peterongan, Kabupaten Jombang berduka atas wafatnya Nyai Hj Azah As'ad. Hj Azah merupakan ibu kandung dari Ketua Yayasan Unipdu Jombang KH Zaimuddin Wijaya As'ad (Gus Zuem).

 

"Ibu wafat, tadi setelah habis Sholat Jumatan pukul 13.43 WIB," jelas Gus Zuem, Jumat (23/10/2020).

 

Hj Azah As'ad merupakan istri dari KH As'ad Umar, pengasuh Pondok Pesantren Darul Umum ke-7 sekaligus sebagai penggebrak pendidikan pondok pesantren pada masanya.

 

KH As’ad Umar menikah dengan Nyai Azzah binti Abdul Rohim yang berasal dari Malang pada tahun 1961. Pasangan ini dikaruniai 8 anak dengan enam putra dan dua putri. Satu putranya lagi wafat duluan.

 

Nyai Azah menjadi salah satu sesepuh yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Darul Ulum saat ini. Nyai Azah wafat di asrama Asumta yang diasuhnya.

 

"Beliau meninggal karena sakit tua, faktor usia, tapi bukan karena Covid-19 atau penyakit yang lain. Penyakit biasa karena sudah sepuh. Tadi sempat mau dirujuk ke rumah sakit tapi sudah meninggal di perjalanan," jelasnya.

 

Gus Zuem menjelaskan, jenazah Hj Azah As'ad dimakamkan di makam keluarga di Ponpes Darul Ulum Rejoso, Kabupaten Jombang setelah magrhib. Satu lokasi dengan sang suaminya yang wafat tahun 2020. "Dimakamkan di makam keluarga setelah maghrib," imbuhnya.

 

 
 
Sementara itu, putra Nyai Azah lainnya KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans menjelaskan sang ibu adalah sosok yang luar biasa.

 

Menurutnya, sang ibu memiliki hati yang seluas samudera. Sabar membimbing dan mendidik anaknya hingga bermanfaat di masyarakat Indonesia dan luar negeri.

 

"Ibu rutin tahajud, puasa senin-kamis, Sempatkan sholat meskipun sakit," tandas Pengasuh Pondok Pesantren Queen Al Azhar Darul Ulum ini.

 

Penulis: Syarif Abdurrahman

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru