Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Posko Gugas Siaga Covid-19 NU Konang Bangkalan Diresmikan

Posko Gugas Siaga Covid-19 NU Konang Bangkalan Diresmikan
Suasana peresmian Posko Gugas Siaga Covid-19 NU Konang. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)
Suasana peresmian Posko Gugas Siaga Covid-19 NU Konang. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim
Keseriusan Gugus Tugas (Gugas) Siaga Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU Konang, Bangkalan dalam berpartisipasi meringankan beban pemerintah. Hal ini tentu saja terkait memutuskan mata rantai penyebaran pandemi Corona yang dibuktikan dengan pembentukan tim Gugas pertama dan terdepan di tingkat MWCNU se-Kabupaten Bangkalan.

 

Tim Gugas melakukan sosialisasi terhadap posko Siaga Covid-19 MWCNU Konang yang peluncurannya dilangsungkan di depan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, Selasa (5/5).

 

KH Moh Kholil Ali Wafa selaku Ketua Gugas menyampaikan bahwa tujuan didirikannya posko merupakan bentuk kepedulian warga NU atau Nahdliyin, khususnya kepada masyarakat Konang.

 

"Tidak lain tujuan didirikannya posko ini adalah bentuk kepedulian kami, warga NU kepada masyarakat Konang," tutur Ra Kholil, sapaannya saat sambutan.

 

Selain sebagai upaya pencegahan agar masyarakat terhindar dari wabah mematikan ini, dengan didirikannya posko tim Gugas juga bisa melakukan pantauan terhadap masyarakat yang baru datang dari luar kota atau luar wilayah Kecamatan Konang. Terutama yang berasal dari daerah zona merah.

 

"Demi merayakan lebaran bersama keluarga dan sanak kerabat, di bulan suci Ramadlan ini diprediksi akan terjadi banyaknya pemudik yang pulang kampung, tak terkecuali di Kecamatan Konang," ujarnya.

 

Pada masa ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah, tidak menutup kemungkinan akan terjadinya arus lonjakan pemudik.

 

"Hal ini sebagai bentuk pengambilan tindakan bila nantinya terdapat pemudik yang lolos dalam pantauan tim Gugas di lapangan, meskipun sudah ditetapkan PSBB," ucapnya.

 

Harapan dari pria yang juga Tim Gugas Siaga Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangkalan tersebut, dengan berdirinya posko bisa menjadi titik sentral kedamaian di tengah masyarakat.

 

"Hal ini karena timbulnya kekhawatiran berlebihan di dalam lingkungan masyarakat dan akibat minimnya edukasi sehingga menyebabkan situasi ini begitu terasa sangat mencekam. Padahal nyatanya tidak sedemikian parahnya," ujar dia.

 

Hadir pada acara tersebut beberapa a'wan dan ulama yang duduk di jajaran syuriyah, pengurus lembaga dan badan otonom (banom) MWCNU Konang. Juga jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Konang dan sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Syaifullah
 


Editor:
F1 Bank Jatim