Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Posko NU Peduli Bencana Diresmikan di Sidoarjo, Nahdliyin Diajak Berdonasi

Posko NU Peduli Bencana Diresmikan di Sidoarjo, Nahdliyin Diajak Berdonasi
Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam resmi dibuka oleh Ketua PCNU Sidoarjo, KH Maskun, Rabu (27/01/2021). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam resmi dibuka oleh Ketua PCNU Sidoarjo, KH Maskun, Rabu (27/01/2021). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Posko kemanusiaan yang didirikan di berbagai daerah diharapkan mampu meringankan beban warga yang sedang tertimpa musibah dan bencana alam di seluruh tanah air.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo dengan menginstruksikan lembaga dan Badan Otonom (Banom) dibawahnya untuk saling bersinergi dalam memobilisasi penggalangan donasi melalui pendirian Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam.

 

Posko tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua PCNU Sidoarjo, KH Maskun di kantor PCNU Sidoarjo, Rabu (27/01/2021) sore. Kiai Maskun memberikan apresiasi kepada NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo yang telah berupaya membantu meringankan beban korban terdampak bencana.

 

“Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan, tentu NU punya harakah ijtimaiyah melalui perangkatnya. Dalam hal ini LAZISNU dan LPBINU yang secara otomatis hal tersebut sebagai bentuk respon terhadap berbagai bencana yang terjadi, maka mereka segera melakukan gerakan dalam bentuk mobilisasi dana,” tutur Kiai Maskun.

 

Lebih lanjut, Kiai Maskun menegaskan, dengan didirikannya Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam ini diharapkan seluruh warga Nahdliyin bisa bergerak secara maksimal.

 

“Baik pengurus maupun anggota, ikut bersama-sama memobilisasi dana dalam rangka berpartisipasi ikut meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang diuji oleh Allah SWT,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Muh Ihsan saat ditemui NU Online Jatim menerangkan, Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam yang dipusatkan di kantor PCNU Sidoarjo ini resmi dibuka sejak tanggal 27 Januari 2021 hingga 30 hari kedepan, mulai pukul 08.00 - 21.00 Wib. Setiap harinya akan dijaga oleh relawan yang berasal dari unsur semua lembaga dan Banom NU secara bergiliran.

 

“Kami siap menampung seluruh donatur yang akan mendonasikan hartanya melalui Posko NU Sidoarjo Peduli Bencana Alam ini. Dan untuk teman-teman perwakilan di MWC juga kita persilahkan untuk menerima berbagai bantuan dari para donatur. Mereka bisa turun langsung ke jalan-jalan atau datang ke rumah-rumah warga untuk menggalang donasi,” ujar Cak Tossan, sapaan akrabnya.

 

Dijelaskannya, selain donasi berupa uang, pihaknya juga menerima donasi dalam bentuk natura khususnya sembako, karena banyak warga terdampak bencana yang membutuhkannya. Untuk sementara, donasi yang telah diterima oleh NU Care-LAZISNU Sidoarjo sekitar 43 jutaan.

 

“Dengan dibukanya posko ini, kami berharap semuanya terfokus, baik donatur maupun teman-teman relawan yang menggalang donasi dikumpulkan jadi satu di dalam posko utama ini. Yang juga berfungsi sebagai pusat informasi,” tandasnya.

 

 

Acara ini diihadiri oleh beberapa pengurus PCNU, NU Care-LAZISNU Sidoarjo, PC Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PC LPBINU), PC Fatayat NU, serta lembaga dan Banom lainnya. Tampak hadir pula, utusan dari Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) LAZISNU Majelis Wakil Cabang (MWC) tingkat kecamatan serta perwakilan mahasiswa.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PCNU Sidoarjo, diikuti sejumlah pengurus lembaga dan Banom yang hadir secara bergantian memasukkan donasinya kedalam kotak donasi yang telah disiapkan panitia di depan pintu masuk kantor PCNU Sidoarjo.

 

Editor: Romza

 

F1 Promosi Iklan