• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

PP Fatayat NU Dorong Komunitas Internasional Hentikan Serangan di Palestina

PP Fatayat NU Dorong Komunitas Internasional Hentikan Serangan di Palestina
Ketum PP Fatayat NU, Anggia Erma Rini. (Foto: NOJ/istimewa)
Ketum PP Fatayat NU, Anggia Erma Rini. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) mengutuk keras serangan tentara Israel terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al Aqsa yang mengakibatkan ratusan korban luka-luka.

 

"Fatayat NU mengecam keras, mengutuk, dan tidak dapat mentolerir segala bentuk kekerasan yang dilakukan Israel di kota suci umat Islam sedunia tersebut, apalagi dilakukan di bulan Ramadlan. Tindakan tersebut sangat jelas mengabaikan nilai-nilai kemanusiaan secara universal," kata Ketum PP Fatayat NU Anggia Erma Rini, Selasa (11/05/2021) di Jakarta.

 

Anggia mendorong segenap komunitas internasional melakukan langkah-langkah serius menindaklanjuti tindakan tersebut.

 

"Ini tidak bisa lagi dibiarkan. Konflik Israel-Palestina memang terjadi sudah sejak lama. Namun dunia global tidak boleh membiarkan tindakan apapun yang melukai perikemanusiaan, universal humanity yang menjadi kesepakatan bersama. Harus ada suara agama, suara politik, dan aksi-aksi global untuk menghentikan kekerasan yang terjadi berulang-ulang tersebut," tegasnya.

 

Anggia juga sangat menyayangkan di penghujung Ramadlan dan menyambut Idul Fitri 1442 H bagi umat Islam sedunia, kekerasan pada warga sipil terjadi lagi.

 

"Jelas apa yang terjadi di Masjid Al Aqsa, di kalangan warga sipil Palestina, dan sepanjang jalur Gaza di sana, tidak ada penghormatan pada hari dan bulan suci yang sangat dimuliakan umat Islam. Dilakukan di tempat ibadah yang sangat suci pula. Nilai kemanusiaan universal kita wajib tergerak, bangkit, serta bersama-bersama ikut mendorong terwujudnya perdamaian dunia di sana," ujarnya.

 

Secara kongkrit, Anggia meminta Indonesia dan otoritas negara-negara di dunia berperan aktif agar mendorong semua pihak, terutama Israel dan Palestina, untuk menahan diri dari tindakan apapun yang memicu eskalasi kekerasan.

 

"Setiap bentuk kekerasan, apalagi pada warga sipil yang sedang menjalankan ibadah, adalah bentuk pelanggaran hukum internasional. Semua pihak harus menahan diri, stop kekerasan, dan jangan lagi menghambat penyelesaian perdamaian antar kedua belah pihak," ungkapnya.

 

Selain itu, Anggia juga menginstruksikan kepada segenap kader Fatayat NU untuk membaca doa qunut nazilah untuk warga Palestina.

 

"Kader Fatayat NU di manapun berada, setiap solat hendaknya membaca qunut nazilah untuk meminta pertolongan pada Allah agar tercipta situasi yang damai di Palestina. Mereka adalah saudara kita seiman dan sekemanusiaan. Saatnya kita amalkan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah kita," pungkasnya.


Metropolis Terbaru