Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pramuka UNU Blitar Jaga Kebersamaan dengan Berbagi Takjil

Pramuka UNU Blitar Jaga Kebersamaan dengan Berbagi Takjil
Pegiat UKM Pramuka UNU Blitar membagikan menu takjil kepada pengendara. (Foto: NOJ/Binti Masruroh)
Pegiat UKM Pramuka UNU Blitar membagikan menu takjil kepada pengendara. (Foto: NOJ/Binti Masruroh)

Blitar, NU Online Jatim

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kebersamaan. Momentum apa saja bila dikelola dengan baik, dapat dimanfaatkan untuk penguatan di lingkungan sekitar.

 

Hal itu juga yang dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Kali ini dengan menjadikan buka bersama sebagai sarana penguatan kebersamaan. Kegiatan diikuti anggota UKM sekaligus pembina kampus setempat, Jumat (23/04/2021).

 

Kegiatan kali ini dengan menjadikan kediaman Garlika,salah satu anggota UKM Pramuka kampus setempat. Suasana terlihat gayeng dengan diselingi diskusi ringan. Dan acara diawali dengan pembagian takjil di kawasan sekitar.

 

“‌Kegiatan ini merupakan program kerja tiap tahun menjelang bulan suci Ramadlan,” kata Rahmad Risky al-Ghozali.

 

Disampaikan Ketua UKM Pramuka UNU Blitar tersebut bahwa acara dibuka dengan pembagian takjil yang menyapa sejumlah pengendara. Demikian pula, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama.

 

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan mampu mempererat tali silaturahim antaranggota. Selain itu bagi takjil ini untuk bersedekah kepada sesama muslim,” jelas dia.

 

Dikemukakan bahwa kebersamaan dan silahturahmi antaranggota sangat penting untuk keberlangsungan UKM Pramuka. Demikian juga berderma kepada pengendara yang sedang dalam perjalanan.

 

“Kegiatan ini juga mengajarkan khususnya kepada seluruh anggota Pramuka bahwa bersedekah dengan mengiklaskan sebagian uang atau harta untuk membuat takjil yang dibagikan kepada masyarakat adalah hal perlu dilakukan guna memperoleh berkah bulan suci Ramadhan,” kata Uswatun Khasanah.

 

Dalam pandangan Pembina UKM Pramuka UNU Blitar ini, kegiatan yang digelar tentu saja sangat bermanfaat bagi keluarga yang ditempati anggota.

 

“Karena di dalam kegiatan rutin buka bersama dan bagi takjil ini pasti dilaksanakan rangkaian doa bersama yang dikhususkan untuk tuan rumah,” tuturnya.

 

Penulis: Binti Masruroh

Editor: Syaifullah

Bank Jatim (31/7)