• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Pria Mengaku Nabi, PBNU: Ini Membahayakan

Pria Mengaku Nabi, PBNU: Ini Membahayakan
PBNU meminta pemerintah segera melakukan tindakan tegas kepada yang mengaku sebagai nabi. (Foto: NOJ/LIm)
PBNU meminta pemerintah segera melakukan tindakan tegas kepada yang mengaku sebagai nabi. (Foto: NOJ/LIm)

Surabaya, NU Online Jatim

Reaksi keras disampaikan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terhadap pria yang mengaku dirinya sebagai nabi. Sejumlah tindakan harus dilakukan pemerintah agar apa yang dilakukan tidak mengganggu suasana Ramadlan, termasuk menimbulkan keresahan.

 

Secara khusus, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Helmy Faishal Zaini meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menonaktifkan akun media sosial Joseph Paul Zhang. Pria itu diduga telah melakukan penistaan agama.

 

"Kita minta pemerintah untuk segera menghentikan akunnya karena ini sudah kategori membahayakan. Apalagi, di tengah situasi Ramadlan menghina orang puasa, sudah kategori menghina dengan mengatakan Tuhan dikerangkeng dalam Ka'bah," ujarnya, Sabtu (17/04/2021) malam.

 

Pihaknya mengecam keras aksi yang dilakukan Jozeph Paul Zhang. Seharusnya, sebagai umat beragama bisa saling menghormati terhadap sejumlah perbedaan.

 

"Apa yang dilakukan yang bersangkutan sudah jelas melakukan penghinaan terhadap agama seseorang," tuturnya.

 

Di sisi lain, Helmy meminta kepolisian untuk melakukan tindakan dengan menangkap pria tersebut, karena video yang dibuatnya menyebarkan kebencian. Dan hal itu sudah masuk kategori penghinaan terhadap agama Islam.

 

Sebelumnya, viral video seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang di media sosial. Pria yang mengaku sebagai nabi ke-26 itu membuat sayembara bagi siapa pun yang bisa melaporkannya melakukan penistaan agama.

 

Ia membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya, Joseph Paul Zhang dengan tema ‘Puasa Lalim Islam’ yang berdurasi 3 jam 2 menit.

 

"Yang bisa laporin gua ke polisi, gua kasih uang lo. Yang bisa laporin gua penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Josep Fauzan, meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabullah. Kalo anda bisa laporan atas penistaan agama, Gua kasih loh satu laporan Rp1 juta, maksimum 5 laporan supaya jangan bilang gua ngibul kan. jadi kan 5 juta, di wilayah polres berbeda," ujarnya.

 


Editor:

Metropolis Terbaru