• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 16 April 2024

Tapal Kuda

Puasa, Ansor di Banyuwangi Bikin Program ‘Irama Ramadlan’

Puasa, Ansor di Banyuwangi Bikin Program ‘Irama Ramadlan’
Ilustrasi Ansor. (Foto: NOJ/nu.or.id)
Ilustrasi Ansor. (Foto: NOJ/nu.or.id)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Menyambut bulan suci Ramadlan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Banyuwangi menyiapkan program bertema ‘Irama Ramadlan’. Berbagai kegiatan diadakan selama bulan Ramadlan nantin. Di antaranya apel kesetiaan kader, visitasi ranting terbaik, hingga berbagai perlombaan.

 

Sekretaris PAC GP Ansor Kecamatan Banyuwangi Riza Pahlevi menyebutkan, seluruh kegiatan tahun ini telah dikemas dan disiapkan secara rapi dan tersistematis oleh tim panitia pelaksana.

 

"Sudah pasti kegiatan-kegiatan yang sudah dan akan kami selenggarakan kental sekali dengan kolaborasi bersama stakeholder dan pemerintahan melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait," kata Riza pada Selasa (06/04/2021).

 

Dia menjelaskan, Ahad lalu apel kesetiaan dilaksanakan di lapangan SMK Gajah Mada Banyuwangi, diikuti oleh delegasi kader Ansor Banser se-Kecamatan Banyuwangi. Di kegiatan itu juga dilakukan ziarah kebangsaan di makam pendiri Ansor KH Saleh Lateng.

 

"Sebagai pengurus di tingkat kecamatan, kita peduli atas kesehatan organisasi di masing-masing ranting. Sehingga perlu diagendakan perlombaan dan pemilihan ranting terbaik. Dari langkah ini kita bisa pantau mana ranting yang sehat dan sakit," kata Riza.

 

"Ranting sehat sudah jelas mereka mampu melaksanakan kegiatan rutin, kader-kader memahami PD/PRT Ansor, dan aspek kesehatan organisasi lainnya. Diagnosa ini sangat penting, sebab Ansor adalah organisasi kaderisasi," tambahnya.

 

Rangkaian kegiatan lainnya selama Ramadlan ialah bagi-bagi takjil, tadarus keliling, dan perlombaan keagamaan akan segera dilaksanakan tepat di tanggal 01 Ramadlan 1442 H.

"Konsep sudah disiapkan oleh sahabat-sahabat dan tim panitia. Tinggal menunggu keputusan sidang isbat penetapan ramadhan dari Kementrian Agama nanti. Semoga semuanya lancar dan memberikan keberkahan," ujar Riza.

 

Rangkaian agenda menyambut bulan suci Ramadlan itu disambut baik oleh ranting-ranting GP Ansor se Kecamatan Banyuwangi. Salah satunya Andria Fajar selaku Ketua Ranting GP Ansor Karangrejo. Ia mengaku antusias dalam mensukseskan pelaksanaan kegiatan tahun ini.

 

"Kami siap berkolaborasi. Seluruh anggota akan dikerahkan untuk mensukseskan kegiatan ini untuk menegakkan syiar islam ahlussunnah wal jamaah di tengah ancaman gerakan ekstrimis islam. Semuanya membutuhkan komitmen dan kerjasama," ungkapnya.

 

Penulis: M Sholeh Kurniawan

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru