• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Puluhan Calon Pengurus IPNU Sumenep Tandatangani Pakta Integritas

Puluhan Calon Pengurus IPNU Sumenep Tandatangani Pakta Integritas
Para pengurus PC IPNU Sumenep siap menadatangani pakta integritas. (Foto: NOJ/Ainul Yaqin)
Para pengurus PC IPNU Sumenep siap menadatangani pakta integritas. (Foto: NOJ/Ainul Yaqin)

Sumenep, NU Online Jatim
Ada cara berbeda yang dilakukan dalam mengenalkan calon pengurus di Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumenep masa khidmah 2020 hingga 2022.

 

Seperti yang dilakukan di lantai tiga kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep yang melakukan orientasi kepengurusan sekaligus penandatanganan pakta integritas. 

 

Ketua PC IPNU Sumenep, Zaynollah menjelaskan bahwa ada tiga poin utama yang dijadikan tolok ukur dalam rekrutmen kepengurusan.

 

“Yaitu pengalaman, kompetensi dan komitmen bagi 46 kader terbaik terpilih sebagai komponen kepengurusan selama dua tahun ke depan," katanya, Ahad (15/3). 

 

Dirinya meminta kepada para calon pengurus untuk menyatukan frekuensi dalam membangun gerakan ke depan. 

 

“Sehingga dengan penandatanganan pakta integritas ini dapat kita jadikan sebagai acuan bagi para pengurus dalam membangun janji dan komitmennya," imbuhnya. 

 

Pada pertemuan tersebut, beberapa agenda dilakukan di antaranya pemaparan struktur, penguatan orientasi kepengurusan, penandatanganan pakta integritas dan serap aspirasi rencana pelantikan yang dijadwalkan awal April. 

 

Apa saja isi pakta integritas yang ditandatanganani calon pengurus PC IPNU Sumenep 2020-2022? Berikut selengkapnya. 

 

Dengan kesadaran sepenuh hati, atas dasar tanggung jawab berdasarkan amanah yang diberikan, saya menyatakan kesiapan untuk menjadi Pengurus PC IPNU Sumenep masa khidmat 2020-2022. Atas dasar itu pula dengan ini saya menyatakan: 

 

1. Mengamalkan norma-norma yang terkandung dalam Al-Quran dan hadist, asas-asas Pancasila serta berpegang teguh pada ajaran Islam Ahlussunnah wal Jama'ah An-Nahdliyah.

2. Menjalankan amanah organisasi secara terpimpin, terarah dan satu komando di bawah pimpinan organisasi sesuai aturan PD-PRT yang berlaku.

3. Bersedia menjalankan seluruh tanggung jawab yang diberikan sesuai dengan norma dan batasan-batasan yang dimiliki.

4. Menjaga dan merawat nilai-nilai IPNU dalam berbagai situasi serta tidak menjadikannya alat kepentingan politik praktis maupun kepentingan pribadi.

5. Menjadikan seluruh aktifitas keorganisasian yang berorientasi pada peningkatan dan  pengembangan mutu IPNU.

6. Menjadikan para kiai, ulama serta lembaga yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama sebagai pusat utama komunikasi dan kordinasi dalam gerakan organisasi.

7. Membiayai dan memenuhi kebutuhan dan tanggung jawab organisasi secara ikhlas, murni dan mandiri. 

Ya Jabbar, Ya Qahar. Atas segala rahmat dan kesempatan yang diberikan, pakta integritas ini kami buat sebagai acuan dan pertanggungjawaban kami. Sehingga apabila dengan sengaja kami berkhianat atas hal-hal yang berkaitan di atas, kami siapa atas segala konsekwensi sesuai peraturan yang berlaku.

 

Kontributor: Ainul Yaqin
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru