Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

PWNU Jatim Luncurkan Program Ekonomi di Resepsi Hari Santri 2020

PWNU Jatim Luncurkan Program Ekonomi di Resepsi Hari Santri 2020
Penandatangan MoU. (Foto: NOJ/YT)
Penandatangan MoU. (Foto: NOJ/YT)

Surabaya, NU Online Jatim

Tantangan ekonomi yang dihadapi warga Nahdlatul Ulama (NU) semakin berat khususnya saat dilanda resesi global akibat pandemi Covid-19. Dalam rangka menjawab tantangan ini, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur meluncurkan paket program ekonomi.

 

Program ini diharapkan langsung menyentuh dan menggerakkan roda perekonomian warga, melalui simpul kepengurusan NU di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa maupun melalui komunitas pesantren, sekolah Ma’arif dan segmen komunitas di akar rumput jamaah NU. Peluncuran dilakukan pada Jumat (23/10/2020) pada perhelatan Resepsi Hari Santri 2020 PWNU Jawa Timur.

 

"Di satu sisi kami menawarkan peluang usaha yang praktis dan langsung dapat diaplikasikan, di sisi lain kami membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) demi membangun interkoneksitas potensi di lingkungan NU," kata H Misbahul Munir, General Manager (GM) Koordinator Bidang Pengembangan Ekonomi Umat PWNU Jawa Timur.

 

H Misbah menambahkan,  untuk tujuan tersebut, selama enam bulan terakhir pihaknya melakukan penelusuran kerja sama dengan berbagai pihak. Dan pada resepsi hari santri 2020 ditandatangani empat paket kerja sama ekonomi, di antaranya dengan Bank Indonesia, produsen ice cream, eksportir umbi porang, serta pengembangan bisnis aiaran dakwah TV9 Nusantara. Selain itu, akan diluncurkan jaringan Kios Warung Warga NU (WaruU) dan aplikasi Muslim NUKU.

 

Gubernur Jawa Timur, Hj Khofifah Indar Parawansa, Wakil Rais PWNU Jatim, KH Anwar Iskandar dan perwakilan 45 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jatim serta sejumlah undangan lain turut menghadiri acara ini.

 

Selengkapnya, berikut enam program ekonomi yang akan ditandatangani dan diluncurkan:

 

1. Kerja sama pemberdayaan ekonomi warga dan pengembangan SDM dengan Bank Indonesia. Kerja sama strategis mengembangkan, membangun dan menyiapkan SDM santri dan Warga NU untuk siap bersaing dan unggul di tengah kompetisi globla dan putaran arus  ekonomi digital, memanfaatkan peluang keuangan dan bisnis syariah serta halal industry. (Ditandatangani GM Koordinator Pengembangam Ekonomi Umat PWNU Jawa Timur dengan Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur).

 

2. Kerja sama outlet UMKM bersama Ice Cream  Joyday, Produsen Ice cream sehat, bergizi, halal, murah, dan idola para santri. Bersama PWNU Jawa Timur, Joyday ikut memberdayakan UMKM dengan kemitraan distribusi produk untuk kalangan santri/pelajar di outlet sekolah, madrasah dan pondok pesantren. Target sampai akhir tahun 2020 diperkirakan sebanyak 1.260 titik outlet dengan omset perbulan diperkirakan mencapai Rp630 juta.  (Ditandatangani GM Koordinator Pengembangam Ekonomi Umat PWNU Jawa Timur, H Misbahul Munir dengan Joyday, Aulia Qadri Saputra).

 

3. Kerja sama budidaya tanaman porang untuk ekspor. Partnership budidaya tanaman porang bagi Warga NU di wilayah Jawa Timur dengan CV. Jia Li, Pasuruan. Target lahan tanam sampai tahun 2022 seluas 500 hektar.  (Ditandatangani GM Koordinator Pengembangam Ekonomi Umat PWNU Jawa Timur, H Misbahul Munir dengan Direktur PT Jia Li,  Amir Djoewito).

 

4. Kerja sama siaran dakwah TV9 Nusantara dengan PT Link Net Tbk. Partnership penyiaran konten TV9 Nusantara sebagai televisi dakwah milik PWNU Jawa Timur di kanal siar line up channel Firstmedia untuk segmen pasar masyarakat kota dan kelas menengah. (Ditandatangani Direktur Utama TV9 Nusantara, Hakim Jayli dengan Board of Management PT Link Net Tbk, Agus Setiono dan Agung Satyawiguna)

 

5. Peluncuran jaringan retail Warnu. Pembentukan jaringan ritel dan distribusi produk/layanan jasa melalui Warnu, di bawah binaan Pusat Koperasi Syirkah Muawanah (Puskopsim) PWNU Jatim. Hingga Desember 2020 Warnu ditargetkan terbentuk 2500 retaill Warnu, dan diharapkan mencapai 10.000 di akhir tahun 2021. (Diluncurkan Ketua PWNU Jawa Timur dan diberikan kepada Ketua Puskopsim NU Jatim, Arifin)

 

6. Peluncuran aplikasi Muslim Nuku. Sebuah aplikasi Islami dan halal open market place. Berisi konten Islami al-Qur’an, panduan ibadah, doa, hadits, jadwal shalat, arah kiblat, dan lain-lain. Targetnya pada 2021 aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 1 juta kali. (Diluncurkan Ketua PWNU Jawa Timur dan diberikan kepada Direktur Muslim Nuku, Muhammad Ghozali)

 

Peluncuran program ekonomi ini dihelat dalam pagelaran seni bertajuk resepsi hari santri 2020, yang menghadirkan H D Zawawi Imron, Wayang Wolak-Walik, Wafiq Azizah & Emirates Band serta penyanyi milenial Alfina Nindiyani.

 

Resepsi disiarkan langsung TV9 Nusantara dan dipusatkan di auditorium PWNU Jatim dengan tampilan baru setelah direnovasi.

 

Selain itu, di acara ini juga akan peresmian Kiai Health Center (KHC) yaitu pusat layanan kesehatan yang didedikasikan untuk para kiai, masyayikh pesantren, dan pimpinan NU. Pusat kesehatan digagas bersama beberapa elemen kesehatan dan mitigasi bencana di lingkungan PWNU Jawa Timur, yaitu Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU),  Asosiasi Rumah Sakit (Arsninu), Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), Lembaga Penanganam Bencana Nahdlatul Ulama (LPBINU) serta Muslimat Healthcare Network (MHN).

 

Editor: Savhira

Iklan Hari Pahlawan