Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ra Latif Harapkan Bangkalan Jadi Produsen Tanaman Vanili

Ra Latif Harapkan Bangkalan Jadi Produsen Tanaman Vanili
Bupati Bangkalan meninjau tanaman vanili di UTM. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)
Bupati Bangkalan meninjau tanaman vanili di UTM. (Foto: NOJ/pemkabbangkalan)

Bangkalan, NU Online Jatim

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) mengembangkan produk holtikultura dengan melakukan uji coba pada tanaman vanili. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron. Menurut bupati yang akrab disapa Ra Latif itu, vanili merupakan salah satu komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan harga yang stabil.

 

“Selain itu, vanili memiliki nilai sejarah. Dulu Indonesia pernah menjadi pemasok rempah-rempah termasuk vanili ke mancanegara,” kata Ra Latif saat meninjau varietas tanaman vanili, Rabu (15/09/2021).

 

Oleh karena itu, Ra Latif meminta agar tanaman vanili terus dikembangkan karena memiliki potensi pasar yang sangat bagus.

 

“Pemerintah daerah akan terus mendorong pengembangan tanaman vanili karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

 

Ra Latif mengungkapkan, untuk mencapai tujuan tersebut butuh pendampingan dan bimbingan agar pengembangan vanili memiliki progress baik.

 

“Kami ingin Kabupaten Bangkalan menjadi bagian dari produsen vanili, maka pendampingan harus dilakukan,” ungkapnya.


Editor:
F1 Bank Jatim Syariah (6/12)