Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Rahasia Kiai Miftachul Akhyar Memiliki Banyak Anak

Rahasia Kiai Miftachul Akhyar Memiliki Banyak Anak
Ustadz Ma'ruf Khozin (kiri) saat bertemu dengan KH Miftachul Akhyar di Bandara Juanda. (Foto: NOJ/Istimewa)
Ustadz Ma'ruf Khozin (kiri) saat bertemu dengan KH Miftachul Akhyar di Bandara Juanda. (Foto: NOJ/Istimewa)

KH Miftachul Akhyar  termasuk kiai yang menerapkan pesan Nabi Muhammad SAW agar memiliki banyak keturunan. Karena kuantitas umat, yang tentu saja diimbangi dengan kualitas tentu saja akan menjadi kebanggaan.

 

Pengasuh Pesantren Miftahussunnah, Kedung Tarukan, Pacarkembang, Tambaksari  Surabaya tersebut adalah putra KH Abdul Ghoni, Rangkah Surabaya.

 

“Kiai Abdul Ghoni memiliki banyak putra, kalau tidak salah sampai belasan putra putri dari satu istri,” kata Ustadz Ma’ruf Khozin, Jumat (27/11/2020) di akun Facebooknya.

 

Disampaikan Ketua Pengurus Wilayah (PW) Aswaja NU Center Jawa Timur ini bahwa Kiai Miftachul Akhyar pun putra-putrinya sebelas. Di antara menantunya adalah Lora Ismail Al-Ascholy, cucu KH Abdullah Sachal, Bangkalan.

 

Diceritakan Ustadz Ma’ruf Khozin bahwa suatu ketika pernah sowan saat hari raya di ndalem Kiai Miftah, sapaan KH Miftachul Akhyar. Bersama para tamu lain, ada santri kampung tua yang bertanya mengapa putra-putri Kiai Miftah sangat banyak, padahal hanya menikah dengan satu ibu nyai.

 

Saat itu Kiai Miftah menjawab bahwa kiai itu tidak pantas ngelencer ke mall atau main-main ke pantai.

 

“Jadi, hiburan para kiai ya cuma istrinya saja, makanya anaknya banyak," ungkapnya.

 

Sontak saja, jawaban Kiai Miftah ini membuat Ustadz Ma’ruf dan sejumlah tamu terkejut, campur terhibur.

 

“Semua tertawa termasuk saya. Saat itu terpaksa saya turunkan lagi cangkir khawatir muncrat-muncrat menahan tawa,” kenangnya.

PWNU Jatim Harlah