Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ramadlan, Himbaku Kaji Kitab soal Keutamaan Hubungan Intim Suami-Istri

Ramadlan, Himbaku Kaji Kitab soal Keutamaan Hubungan Intim Suami-Istri
Pengampu menyampaikan materi dalam kegiatan kajian kitab Fathul Izar li Roja’il Walad Ash-Sholih oleh Himkabu. (Foto: NOJ/AM)
Pengampu menyampaikan materi dalam kegiatan kajian kitab Fathul Izar li Roja’il Walad Ash-Sholih oleh Himkabu. (Foto: NOJ/AM)

Kediri, NU Online Jatim

Pengurus Himpunan Mahasiswa Kediri Alumni Bahrul Ulum (Himkabu) mengadakan dakwah kajian kilatan setiap habis shalat Tarawih pada bulan suci Ramadlan. Bertempat di kantor Himkabu, kitab yang dikaji ialah Fathul Izar li Roja’il Walad Ash-Sholih, karya Syaikh Ahmad Yasin Asymuni Al Jaruni.

 

Bertempat di sekretariat Himkabu, kajian kitab yang biasa dibedah di lingkungan pesantren itu diampu oleh Ustadz Mochamad Nur Hadi, Pengurus Pondok Pesantre Lirboyo Kediri. Fathul Izar li Roja’il Walad Ash-Sholih adalah kitab yang membahas segala hal tentang suami dan istri, di antaranya sunah-sunah dan tata cara berhubungan intim untuk suami-istri.

 

"Kitab yang sudah fenomenal ini tentunya membahas hal-hal seputar pernikahan seperti faidah-faidah pernikahan, dasar memilih suami dan istri, shalat Istikharah, doa awal ketika ditemukan, doa bagi kedua mempelai, hak-haknya suami dan istri, muqaddimah-muqadimah jima’, tujuan-tujuan jima’, bentuk/gaya berjima’, serta wasiat untuk para pasangan suami istri," kata Pengurus Himkabu, Novika Istiyana, kepada NU Online Jatim, Selasa (27/04/2021).

 

Ngaji kilatan ini dimulai pada tanggal 1 Ramadlan sampai 14 Ramadlan 1442 Hijriah, yang diikuti oleh para anggota Himkabu dan juga terbuka untuk umum. Dari kegiatan ini diharapkan menjadi  pemantik agenda-agenda lainya agar Himbaku tidak terlalu vakum.

 

“Semoga setelah ini semangat para pengurus Himkabu bisa hidup kembali untuk melaksanakan proker-prokernya,” ujar Novika.

 

Editor: Nur Faishal

Bank Jatim (31/7)