• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Tapal Kuda

Ramadlan, Humanist Center Pasuruan Gelar Ngaji Kitab secara Online

Ramadlan, Humanist Center Pasuruan Gelar Ngaji Kitab secara Online
Pamflet Ngaji Ramadlan. (Foto: NOJ/Makhfud)
Pamflet Ngaji Ramadlan. (Foto: NOJ/Makhfud)

Pasuruan, NU Online Jatim

Yayasan Humanity and Social Transformation Center (Humanist Center) Indonesia memiliki tiga kegiatan selama bulan Ramadlan. Salah satunya adalah Ngaji Ramadhan (Jidan) Kitab Kifayatul al-Atqiya' secara online.

 

"Kitab Tasawuf karya Sayid Bakari al-Makki bin Sayid Muhammad Syatho ad-Dimyathi," ujar Khafizh Rosyidi kepada NU Online Jatim, Rabu (14/04/2021).

 

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya penguatan spiritualitas berdasarkan Mazhab Tasawuf an-Nahdliyah.

 

"Pada qoshidah muqoddimah kitab ini membahas secara mendalam makna basmalah, hamdalah, dan shalawat," imbuh Ketua Yayasan Humanist Center itu.

 

Hafidz, sapaan akrabnya menceritakan sosok KH Muhammad Dimyati atau dikenal dengan Abuya Dimyati yang kharismatik dan penganut tarekat Syadziliyah.

 

"Mbah Dim melahirkan santri dan ulama berkelas. Ia juga sosok yang sederhana dan tidak kenal menyerah. Hampir seluruh kehidupannya dihabiskan untuk ilmu dan dakwah," pungkas Alumni Pondok Pesantren Ngalah Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan tersebut. 

 

Selain Jidan, juga ada kegiatan Podcast dan Santunan Anak Yatim. Kegiatan juga didukung oleh Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangil dan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Pesantren Indonesia (IPI).

 

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru