Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ramadlan, Milenial NU di Bojonegoro Berdakwah Lewat Radio dan Medsos

Ramadlan, Milenial NU di Bojonegoro Berdakwah Lewat Radio dan Medsos
Kader IPNU saat on air dalam acara Oscar Pagi. (Foto: NOJ/ Luluk Ni'matul Rohmah).
Kader IPNU saat on air dalam acara Oscar Pagi. (Foto: NOJ/ Luluk Ni'matul Rohmah).

Bojonegoro, NU Online Jatim

Adanya Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi kader-kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro untuk senantiasa menggerakkan roda organisasi. Hal tersebut terbukti dengan adanya rutinitas yang sudah berlangsung hampir satu tahun dengan tajuk "Oscar Pagi".

 

Obrolan Seru Kreativitas Pelajar Bersinergi atau familiar dengan sebutan ‘Oscar Pagi’ ini mulai dirintis sejak Ramadlan tahun lalu. Tepatnya, 13 Mei 2020. Untuk pelaksanaannya, Oscar Pagi digelar satu pekan dua kali, setiap Rabu dan kamis. Hal itu disampaikan oleh Agus Setya Rega, Ketua PAC IPNU Kecamatan Ngasem pada Kamis (15/04/2021).

 

Menurut penjelasan Rega, sapaan akrabnya, kegiatan Oscar Pagi ini digagas oleh kader IPNU IPPNU Ngasem, termasuk dirinya dan Ketua Demisioner IPPNU Ngasem, Ridaul Bariroh yang sekarang menjabat sebagai Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Bojonegoro. Selain itu, adanya amanah dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ngasem yang saat itu sudah memiliki fasilitas siaran radio juga mendukung terlaksananya kegiatan Oscar Pagi.

 

"Memang dari MWCNU Ngasem sudah punya saluran radio yang namanya "Radio Dakwah NU Ngasem",  dan sebagai generasi muda (milenial) kami diamanahi untuk mengelola dan mengisi kegiatan," tutur Rega.

 

Lebih lanjut, Rega menjelaskan, sebelum ada pandemi ia dan beberapa temannya sudah menyusun rencana dan mulai mempersiapkan perlengkapan. Berhubung adanya pandemi yang membatasi kegiatan organisasi secara tatap muka, wacana ini menjadi solusi tepat untuk memberdayakan.

 

"Dari pada tidak ada kegiatan, langsung saja rencana ini kami realisasikan, sekalian temen-temen belajar berinteraksi melalui media sosial yakni on air di radio dakwah dan live di Facebook," tambahnya.

 

Karena masih merintis, lanjut Rega, properti yang digunakan untuk siaran radio juga seadanya. Live Facebook dilakukan dengan memanfaatkan gadget yang ada. Pembuatan script pun, Rega memanfaatkan internet untuk mencari referensi yang kemudian diolahnya hingga menjadi konsep pakem sampai sekarang.

 

 

"Alhamdulillahnya, progres Oscar Pagi saat ini sudah terlihat. Dalam kurun waktu setahun, kegiatan ini bisa eksis di sosial media dan mampu membranding organisasi. Saat ini kami juga sudah punya tim sendiri dari IPNU-IPPNU yang bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Ada yang bagian mencari narasumber, konten kreator, operator, dan beberapa tugas lainnya. Dengan adanya managemen ini, berjalannya kegiatan akan lebih mudah," pungkas Rega.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)