Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ranting IPNU-IPPNU di Malang Sukses Gelar Lomba saat Pandemi

Ranting IPNU-IPPNU di Malang Sukses Gelar Lomba saat Pandemi
Pandemi tidak menyurutkan PR IPNU-IPPNU Kidul Pasar, Klojen, Malang menggelar aneka lomba. (Foto: NOJ/Indra NH)
Pandemi tidak menyurutkan PR IPNU-IPPNU Kidul Pasar, Klojen, Malang menggelar aneka lomba. (Foto: NOJ/Indra NH)

Malang, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kidul Pasar, Kecamatan Klojen, Kota Malang menggelar lomba dan puncak acara peringatan Isra' Mi'raj, Ahad (14/03/2021). Pada acara yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukoharjo 2, Jl Prof Moch Yamin V, Kecamatan Klojen, itu juga dilangsungkan pengumuman pemenang lomba.

Sebelum acara puncak, peserta mengikuti lomba yang diikuti di kelas masing-masing kategori. Setidaknya ada sepuluh lomba yang diadakan di musim pandemi tersebut yakni mewarnai, menulis indah (khat), hafalan surat pendek adzan, cerdas cermat dan lain sebagainya.

 

"Kami mengadakan lomba ini dalam rangka peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H," kata Karina Milenia Mutiara Yudith.

 

Menurut Ketua PR IPPNU Kidul Pasar Kecamatan Klojen Kota Malang tersebut, berdasarkan data dari panitia, total ada 106 peserta lomba. Mereka dari tingkat pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD). Teknis perlombaannya dilakukan di kelas masing-masing perlombaan dan tiap lomba terdapat tiga juri.

Adapun tema lomba yaitu 'Perkuat Iman dengan Isra' Mi'raj di Era Pandemi'. Dan lomba bertujuan meningkatkan iman atau akhlak baik dan terpuji serta mengasah bakat dan mengekspresikan cinta di kalangan anak-anak masa kini.

 

Pada puncak peringatan Isra' Mi'raj ini juga ada rangkaian grand final lomba yang merupakan babak akhir dan disampaikan juaranya. Acara berlangsung meriah dengan penonton meliputi para orang tua dan guru peserta.

Disampaikan bahwa acara sudah berjalan selama dua tahun. Dan total hadiah yang diberikan bagi pemenang sekitar 3,3 juta rupiah untuk seluruh lomba.

“Awalnya kami terkendala keuangan, namun dengan kerja keras panitia dan konsolidasi bersama PAC IPPNU Klojen serta Ranting NU Kidul Pasar, alhamdulillah semua bisa ter-backup," jelas Karina, sapaannya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPPNU Kecamatan Klojen, Lintang Chasanah merespons positif PR IPPNU Kidul Pasar. Yang mana berhasil menyelenggarakan kegiatan sebesar.

 

Menurutnya, tahun ini ada peningkatan, mulai dari jangkauan peserta, lomba, serta hadiah yang diberikan.

"Saya mewakili PAC berharap ranting Kidul Pasar menjadi masa depan PAC Klojen," ungkapnya.

Lintang juga menambahkan acara ini tidak terlepas dari dukungan tokoh masyarakat termasuk Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kidul Pasar. PAC sangat membantu dan mendukung penuh dalam hal apapun untuk setiap kegiatan positif dari anak ranting maupun kadernya dalam rangka kaderisasi dan pengembangan kader.

”Kami berharap agar IPPNU dalam setiap acara untuk selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan segala pihak. Baik dengan PAC Klojen maupun dengan ranting NU secara intens, agar timbul kerja sama yang baik,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan Ketua PRNU Kidul Pasar, Achmad Zakariya. Dirinya menceritakan ranting ini yang biasa disebut Ranting Kidul Pasar selalu menjadi kenangan indah di kalangan NU di Malang.

 

Mengapa begitu? Dikarenakan kontribusinya dalam membangun dan mengembangkan NU di Kota Malang. Lalu, lanjut Zakariya, menjadi kiblat dan penggerak NU di Kota Malang menjadi prestasi yang kerap selalu melekat di dalam diri ranting Kidul Pasar dengan banyaknya kiai besar. Yakni, KH Imam Asfali, KH Ahmad Suyuti Dahlan, KH Hamid, KH Imam Hambali dan masih banyak lagi para aktivis beserta kiai yang ada di dalamnya.

Ke depannya diharapkan dengan adanya lomba ini kader NU mampu mengekspresikan bakat dan minat dalam bidang kesenian.

"Kami berharap agar acara-acara selanjutnya bukan sekadar momentum, tapi meningkat dirupakan sebuah penyuluhan tentang keorganisasian atau yang lain-lain agar grade kita semakin naik," pungkas Zakariya.

Juara yang diambil adalah 1, 2, dan 3 dari masing-masing lomba. Setiap juara akan mendapatkan uang pembinaan dan juga penghargaan.

 

Adapun para pemenang lomba di antaranya yaitu lomba

Hafalan
Juara 1: Peserta nomor 015 Iza Fatimatuzzahro dengan skor 100
Juara 2: peserta nomor 093 Siti Syarifatul Kanza dengan skor 98.5
Juara 3: Peserta nomor 083 Fara Fadhilah dengan skor 98,5

Mewarnai Kategori A
Juara 1: Peserta nomor 039 Nadine Nanda dengan skor 99
Juara 2: Peserta nomor 022 Aisyah Almina Sari dengan skor 98
Juara 3: Peserta nomor 101 Siti Masfufah dengan skor 96

Mewarnai Kategori B
Juara 1: Peserta nomor 054 Naisila dengan skor 200
Juara 2: Peserta nomor 055 Asifa dengan skor 189
Juara 3: Peserta nomor 074 Fitria Aulia Azahra dengan skor 188

Adzan
Juara 1: Peserta nomor 096 Rajib Muhammad F dengan skor 480
Juara 2: Peserta nomor 070 Achmad Fairus Davva dengan skor 465
Juara 3: Peserta nomor 050 M. Hafiz Sya’bani Ar-Rafi dengan skor 450.

 

Editor: Syaifullah

F1 Promosi Iklan