Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ranting NU di Banyuwangi Ingatkan Warga Tetap Taat Protokol Kesehatan saat Beribadah

Ranting NU di Banyuwangi Ingatkan Warga Tetap Taat Protokol Kesehatan saat Beribadah
Penyemprotan disinfektan di Masjid Darul Falah. (Foto: NOJ/Soleh)
Penyemprotan disinfektan di Masjid Darul Falah. (Foto: NOJ/Soleh)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Berbagai cara tetap harus ditempuh oleh seluruh elemen agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Tanggung jawab tersebut turut dilaksanakan oleh Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

 

Sejak Jumat (22/01/2020) warga masyarakat mengawali aktivitasnya dengan shalat shubuh berjamaah di Masjid Darul Falah, Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi. Terlihat masyarakat menunaikan shalat subuh dengan aturan protokol kesehatan yakni 3M. Diantaranya menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan pakai sabun.

 

Pasca itu, sebagian jamaah mendaraskan Al-Quran di serambi masjid, dan yang lain terlihat menyiapkan peralatan untuk penyemprotan disinfektan.

 

"Bersama pengurus dan anggota lainnya kita akan melaksanakan penyemprotan desinfektan secara massal," kata Fathurrahman, Ketua PRNU Kebalenan.

 

Fathur menambahkan, kegiatan hari itu merupakan bagian dari cara memberikan imbauan dan peringatan kepada masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan di tengah aktivitas harian. Terutama kepada warga dan ibu-ibu sekitar.

 

"Total ada sebelas mushala, satu masjid, dan pondok pesantren. Selain itu kami juga membagikan bantuan perlengkapan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Misalnya masker, hand sanitizer, vitamin, dan herbalvit," imbuh Dekan Fakultas Pertanian Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi.

 

Menurut Fathur, berbagai upaya yang dilakukan tersebut tidak lain hanya untuk berkhidmah kepada NU.

 

"Saya ingin berjuang di NU. Seperti slogan selama ini, mari berjuang  untuk membesarkan NU sesuai kemampuan dan bidang masing-masing. Serta jangan mudah menyerah, karena ibadah sosial itu beda," ungkapnya.

 

Senada dengan, itu Ketua Takmir Masjid Darul Falah, H Sigit Sunarso mengatakan, jajaran takmirnya setiap kali mengingatkan seluruh jamaah agar tetap mengikuti protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah. Karena takmir masjid tidak ingin, pelaksanaan ibadah menjadi kluster penyebaran baru.

 

"Maka di sini saya mengucapkan banyak terima kasih atas sinergi dengan teman-teman pengurus ranting yang berupaya melaksanakan bakti sosial, penyemprotan disinfektan, dan pembagian perlengkapan Pencegahan Covid-19. Semoga seluruh pengurus NU diberikan kesehatan agar terus bisa berkhidmat kepada ummat," jelas H Sigit.

 

Sementara H Akhmad Musollin, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama(MWCNU) Kecamatan Banyuwangi mengimbau bagi seluruh pengurus ranting di wilayah Kecamatan Banyuwangi untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan di masing-masing rumah ibadah, rumah warga, sampai Taman Pendidikan Al-Quran.

 

"Penanggulangan virus ini adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya menjadi beban tugas pemerintah melalui Satgas Covid-19 yang telah dibentuk," ungkap H Musollin.

 

 

Editor: Risma Savhira

 

F1 Promosi Iklan