• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Ratusan Santri Bawean Peringati HUT RI di Tengah Terik Matahari

Ratusan Santri Bawean Peringati HUT RI di Tengah Terik Matahari
Santri di Pulau Baweang mengikuti upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI ke-76, Selasa (17/08/2021). (Foto: NOJ/Aminuddin)
Santri di Pulau Baweang mengikuti upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI ke-76, Selasa (17/08/2021). (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Sekitar 120 santri Madrasatul Qur'an Mambaul Falah (MQ Mafal) Bawean, Kabupaten Gresik, mengikuti upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-76 di kawasan persawahan dekat pesantren tersebut, Selasa (17/08/2021). Kendati di tengah panas Matahari, para santri terlihat bersemangat mengikuti jalannya upacara dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Upacara pengibaran bendera merupakan puncak kegiatan peringatan HUT RI yang dilaksanakan di MQ Mafal. Tiga hari sebelumnya, digelar pula acara kajian Pancasila, lomba tarik tambang, doa bersama serta tahlil, dan khataman Al-Quran sebanyak 17 kali.

 

"Upacara bendera ini merupakan suatu refleksi di hari kemerdekaan. Peringatan HUT Kemerdekaan RI di MQ Mafal mengangkat tema Menggerakkan Santri Pejuang dalam Menyambut Indonesia Tangguh, Indonesia Unggul," kata Pengasuh MQ Mafal Gus Irfan.

 

Ia mengatakan, acara ini dilaksanakan dengan betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Seluruh santri yang mengikuti upacara menggunakan masker dan diatur berjaga jarak. Meski digelar di tengah sawah yang panas, para santri terlihat khidmat mengikuti jalannya upacara. Gus Irfan menjelaskan itu sekaligus latihan agar santri menjadi generasi yang tangguh.

 

“Semoga kami semuanya utamanya Indonesia secara keseluruhan segera terlepas dari wabah virus Covid-19. Dan kita semua segera bisa kembali belajar dengan efektif dan sungguh-sungguh untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Gus Irfan.

 

Penulis: Aminuddin

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru