• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Jujugan

Rawon Nguling Pasuruan yang Tidak Tertandingi

Rawon Nguling Pasuruan yang Tidak Tertandingi
Di antara kuliner andalan adalah rawon Nguling. (Foto: NOJ/KJe)
Di antara kuliner andalan adalah rawon Nguling. (Foto: NOJ/KJe)

Pasuruan, NU Online Jatim
Rawon merupakan makanan khas yang banyak dijumpai baik di rumah makan, warung biasa ataupun di sepanjang jalan. Akan tetapi dari sekian banyak warung yang ada, sajian di rumah makan Nguling Pasuruan layak menjadi pertimbangan. Dan bagi warga luar kota, sayang disayangkan bila melewati menu satu ini.

 

Bagi yang melewati kawasan Pasuruan, ada baiknya singgah di Rumah Makan (RM) 'Rawon Nguling' yang terletak di sebelah utara pinggir jalan raya Pantura Pasuruan-Probolinggo. Tepatnya di timur jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan-Probolinggo.

 

RM Rawon Nguling memiliki menu masakan yang khas dibanding dengan sejumlah rumah makan lainnya, di mana salah satu yang istimewa adanya daging empalnya nan empuk dan sedap untuk dimakan. Tak heran bila mana para pecinta kuliner selalu menyempatkan waktu untuk mampir ke rumah makan yang didirikan sekitar 1950-an tersebut.

 

Bang Johan, salah satu pengunjung di rumah makan ini mengaku, kalau dirinya sudah seringkali mampir di rumah makan yang saat ini sudah membuka belasan cabangnya di kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Jakarta, dan di daerah kota besar lain. Bahkan dirinya bersama rekan selalu mampir ke rumah makan ini saat perjalanan dari Surabaya menuju Probolinggo.

 

“Setiap kali usai dari rumah saudara di Probolinggo, saya jarang sekali untuk absen mampir ke rumah makan ini. Sebab kuah nasi rawon yang disajikan di sini sangat lezat dan sedikit manis. Sehingga membuat saya ketagihan,” katanya.

 

Ada yang menyatakan kalau tidak makan nasi rawon Nguling rasanya kurang pas. Karena sudah lama menu ini disukai. Penyebab utamanya bumbunya khas. Sehingga ini menjadi menu pilihan favorit. Sebab rasanya sangat berbeda dengan nasi rawon di rumah makan lain.


Editor:

Jujugan Terbaru