Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Rektor Unira, Cak Hasan dan Manusia Ide

Rektor Unira, Cak Hasan dan Manusia Ide
Cak Hasan mengenalkan Islam moderat hingga mancanegara. (Foto: NOJ/TBi)
Cak Hasan mengenalkan Islam moderat hingga mancanegara. (Foto: NOJ/TBi)

Kehilangan sahabat dekat memang membuat lemas. Terlebih, ia seorang yang baik, sangat baik, visioner, humble, sat-set, dan mengkader. Tapi, kematian itu misteri. Dan mereka yang wafat membawa amal, maka senyum merupakan ingatan terakhir.

 

Cak Hasan prototype wong Ngalam yang berpikir untuk mengkader. Pengalaman dan pengabdiannya di Ansor Malang, dan kemudian Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, tidak terbantahkan. Ia tercatat sebagai pemimpin muda Malang Raya yang setia dengan pengabdian. Ia mengabdikan diri sebagai muharrik, seorang penggerak.

 

Temannya buanyak, lingkar pergaulannya luas. Dan dia bukan tipikal pemimpin yang mudah baper. Sesekali ia memang capek, tapi ia langsung menginjeksi semangat. Energinya berlipat. Jarang sekali--untuk tidak mengatakan tak pernah-- saya lihat Cak Hasan marah, atau bahkan merengut.

 

Cak Hasan juga manusia ide. Ia menggerakkan lingkaran-lingkaran timnya dengan ide. yang pasti ia mengajak diskusi, mencari solusi. Dari situ, ide-idenya selalu punya kaki.

 

Saya berteman dan mendukung Cak Hasan, tentu untuk gerakan sosial dan pendidikan--bertandem dengan Bro Dimas Iqbal Romadhon dan kawan-kawan lain--untuk menggerakkan ide-idenya.

 

Kini, jariyahmu abadi, amal dan pengabdianmu mencari cermin bagi kami semua.

 

Banyak sekali yang kehilangan. Tapi, kami tidak menangis Cak. Kami hanya harus segera menyingsingkan lengan, menuntaskan harapan-harapan.

 

Alfaatihah.

 

Munawir Aziz adalah Sekretaris Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) United Kingdom. 

PWNU Jatim