• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Relawan IPNU-IPPNU Turut Bantu Pengendara di Kawasan Cangar-Pacet

Relawan IPNU-IPPNU Turut Bantu Pengendara di Kawasan Cangar-Pacet
CBP IPNU dan KPP IPPNU Kabupaten Mojokerto membantu pengendara di jalur Pacet-Cangar. (Foto: NOJ/Tegar H)
CBP IPNU dan KPP IPPNU Kabupaten Mojokerto membantu pengendara di jalur Pacet-Cangar. (Foto: NOJ/Tegar H)

Mojokerto, NU Online Jatim 
Kabupaten Mojokerto dikenal memiliki destinasi wisata yang cukup memukau. Kondisi alam yang asri dengan pemandangan alam yang khas, menjadikannya kerap dikunjungi pelancong. Namun sebagian lokasinya kurang bersahabat lantaran cukup ekstrem.

 

Salah satunya adalah di kawasan Cangar hingga Pacet yang memang langganan terjadi kecelakaan. Dari mulai kendaraan yang tidak mampu melewati tanjakan yang demikian terjal, hingga masalah mesin dan keteledoran pengendara. Kondisi ini diperparah dengan cuaca yang sering hujan mengakibatkan jalanan menjadi licin dan sangat mudah menimbulkan masalah di jalan.   

 

Berangkat dari hal tersebut, Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) yang berada di bawah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Mojokerto turun gelanggang. Kali ini mereka bekerja sama dengan beberapa komunitas relawan melaksanakan ‘Giat Siaga Jalur Cangar-Pacet’ yang memang rawan terjadinya kecelakaan.   

 

Giat dilaksanakan Rabu (1/1) sejak pagi hingga malam. Sejumlah anggota terlihat kompak memberikan pertolongan kepada beberapa kendaraan yang mengalami masalah di mesin. Demikian juga menyampaikan informasi yang dibutuhkan kepada kendaraan yang lewat.   

 

“Kegiatan ini kami gelar sebagai akhir dari rangkaian giat pengamanan jalur Cangar-Pacet dalam rangka liburan natal dan tahun baru,” kata Bagus, Kamis (2/1). Rangkaian giat dimulai sejak Senin (23/12) hingga pada pergantian tahun yakni Rabu (1/1), lanjutnya.   

 

Dijelaskan Komandan DKC CBP Kabupaten Mojokerto ini bahwa selama kegiatan berlangsung, setidaknya ada 12 personil yang diterjunkan ke lokasi. Juga ada dua armada yakni mobil rescue dan ford ranger untuk mendukung giat ini.   

 

"Dengan adanya giat ini, semoga dapat membantu pengguna jalan yang mendapati kendala saat perjalanan berlangsung, dan juga mencegah akan adanya kecelakaan lalu lintas di jalur Cangar-Pacet ini," ungkap Bagus.   

 

Memang selama aksi digelar, sejumlah insiden menimpa para pemakai jalan. Insiden kecelakaan terjadi 6 kali. Semua disebabkan rem blong di tikungan tajam, di rest area dan di tanjakan.    

 

“Seluruh kejadian mengakibatkan korban luka ringan, satu luka. Korban dievakuasi dengan mobil rescue Kabupaten Mojokerto ke rumah sakit Sumberglagah,” jelasnya.   
Karena lokasi memang lumayan esktrem, banyak pula kendaraan  yang mengalami kerusakan sehingga butuh evakuasi.    

 

“Prinsipnya kami memberikan rasa aman dan nyaman, serta memastikan para pemakai jalan memiliki informasi yang memadai bagi keselamatan selama melewati kawasan ini,” pungkasnya.     

 

Kontributor: Tegar Herlambang 
Editor: Syaifullah


 


Editor:

Metropolis Terbaru