Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Resep Sekolah di Pasuruan Antarkan Muridnya Lolos SNMPTN

Resep Sekolah di Pasuruan Antarkan Muridnya Lolos SNMPTN
Pendampingan kepada siswa SMA Excellent Al-Yasini, Kraton, Pasuruan. (Foto: NOJ/Mukhzamilah).
Pendampingan kepada siswa SMA Excellent Al-Yasini, Kraton, Pasuruan. (Foto: NOJ/Mukhzamilah).

Pasuruan, NU Online Jatim

Untuk dapat lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), memang harus disiapkan sedini mungkin. Persiapan tersebut dapat dilakukan secara mandiri ataupun kolektif lembaga sekolah atau madrasah.

 

Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas (SMA) Excellent Al-Yasini yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren Al-Yasini, Kecamatan Kraton, Pasuruan. Persiapan tersebut dilakukan sejak awal kelas XII, yakni dengan mendeteksi sejak dini rencana masa depan siswa.

 

"Yang dari awal bertekad untuk kuliah, akan kami dampingi betul selama Kegiatan Belajar Mengajar atau KBM," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Excellent Al-Yasini, Ouly Vy Emiliya Kepada NU Online Jatim, Jum’at (23/07/2021).

 

Kegiatan lain yang dilakukan SMA Excellent Al-Yasini dalam mempersiapkan masa depan siswa adalah dengan melaksanakan sesi motivasi, dengan mendatangkan motivator profesional dan juga pendampingan dari guru Bimbingan Konseling (BK) sekolah.

 

“Pendampingan tersebut pada masa pandemi ini dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat, dalam pembelajaran formal maupun non formal,” imbuhnya.

 

Tidak hanya itu, untuk menunjang hal itu, SMA Excellent Al-Yasini selalu mmemberi semangat yang luar biasa pada peserta didik, yakni dengan penanaman karakter perihal 'Tuntutlah ilmu dari sejak buaian (bayi) hingga liang lahat'.

 

“Prinsip tersebut ditanamkan kepada siswa karena lembaga sekolah ingin menekankan kepada para siswanya untuk menjadikan ilmu sebagai tujuan utama. Karena ilmu yang bermanfaat merupakan salah satu amalan yang tidak akan terputus, bahkan hingga kelak,” ungkapnya.

 

Alumni Monash University, Australia itu berharap agar siswa yang diterima di perguruan tinggi nantinya agar tidak hanya dalam kegiatan akademis, namun juga aktif berorganisasi dan kegiatan-kegiatan positif non-akademis lainnya.

 

"Kami berharap, siswa yang lolos SNMPTN bisa istiqamah menjaga nama baik sekolah dan Pesantren Al-Yasini Pasuruan. Tetap berakhlak sebagaimana layaknya santri serta menjadi teladan bagi palajr lain dan masyarakat umum," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 PWNU Jatim