Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Resep Takjil Jus Kurma ala Kader IPNU Pasuruan

Resep Takjil Jus Kurma ala Kader IPNU Pasuruan
Jus kurma bikinan kader IPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/MF)
Jus kurma bikinan kader IPNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/MF)

Pasuruan, NU Online Jatim

Ramadlan identik dengan buah kurma. Dari buah yang banyak ditemukan di Timur Tengah itu, lahir aneka minuman dan penganan yang nikmat dikudap, apalagi saat berbuka puasa. Di antaranya bisa dibikin menjadi jus.

 

Salah satu yang memanfaatkan buah kurma menjadi minuman jus ialah Aji, kader Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kota Pasuruan bernama Aji. “Saya bikin jus kurma terinspirasi bulan Ramadlan,” katanya kepada NU Online Jatim, Rabu (28/04/2021).

 

Ia menjelaskan, selain sunnah Nabi Muhammad Saw, buah kurma memiliki banyak khasiat yang tinggi di antaranya adalah bebas dari masalah gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan lainnya.

 

Kurma juga sangat baik untuk menaikkan berat badan. Kurma kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Karena manfaat itulah Aji mengaku semakin tertarik membuat jus kurma untuk dinikmati saat takjil. Ia juga menjual jus-jus kurmanya itu.

 

“Bahan-bahannya mudah. Hanya buah kurma, air, susu, madu dan agar-agar parut," ujar Aji.

 

Caranya, lanjut dia, pertama, cuci buah kurma terlebih dahulu kemudian rendam kurma dengan air hangat selama satu jam. Setelah itu, masukkan kurma yang sudah direndam ke dalam blender. Tambahkan air putih secukupnya, susu, dan madu, lalu diblender sampai halus.

 

Setelah halus, kemudian masukkan agar-agar parut ke dalam jus kurma agar tambah nikmat.

 

"Hal itu agar segar dan jus kurma pun siap disruput menjadi menu buka puasa," pungkas Aji.

 

Penulis: Mokh Faisol

 

Editor: Nur Faishal

F1 Promosi Iklan