• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Kediri Raya

Resmi Berlisensi BNSP, UNU Blitar Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi

Resmi Berlisensi BNSP, UNU Blitar Miliki Lembaga Sertifikasi Profesi
Direktur LSP-P1 UNU Blitar, Siti Karomah saat menerima lisensi dari BNSP, Sabtu (10/04/2021). (Foto: NOJ/ Wijianto)
Direktur LSP-P1 UNU Blitar, Siti Karomah saat menerima lisensi dari BNSP, Sabtu (10/04/2021). (Foto: NOJ/ Wijianto)

Blitar, NU Online Jatim

Lembaga Sertifikasi Profesi (P1) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar kini telah resmi memiliki lisensi LSP-P1 (Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama) dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Lisensi dari BSNP ini diserahterimakan langsung oleh Wakil Ketua BNSP, Miftakul Azis kepada Direktur LSP-P1 UNU Blitar, Siti Karomah di Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

 

Lisensi ini sekaligus mewujudkan cita-cita UNU Blitar untuk memiliki LSP sendiri sejak pertama kali dicetuskan tahun 2019 lalu. Bahkan, melalui perjuangan panjang, akhirnya UNU Blitar menjadi perguruan tinggi pertama kategori Badan Hukum Perkumpulan Nahdlatul Ulama se-Indonesia yang memiliki LSP-P1.

 

Berbekal lisensi dari BNSP, LSP UNU Blitar dapat menyelenggarakan uji kompetensi bagi mahasiswanya.

 

Siti Karomah mengungkapkan, LSP merupakan lembaga baru dan penting perannya di lingkungan civitas akademik UNU Blitar.

 

"LSP P1 UNU Blitar merupakan lembaga dibawah naungan BNSP yang untuk operasionalnya harus ada lisensi dan memiliki skema sertifikasi yang sudah diverifikasi dan ditetapkan oleh BNSP. Dimana saat ini kita mempunyai 11 skema sertifikasi yang telah diverifikasi oleh BNSP, maka LSP UNU Blitar dapat melaksanakan uji kompetensi kerja bagi mahasiswa sesuai skema-skema sertifikasi tersebut," jelasnya.

 

Lebih lanjut Siti Karomah mengungkapkan, manfaat dari sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa adalah memperoleh pengakuan secara nasional dalam bidang kerja tertentu dan tentunya akan berimbas pada peningkatan mutu.

 

"Sertifikasi kompetensi ini dapat menunjang ijazah untuk memperkuat kapasitasnya sesuai bidang dan skema kompetensi yang dimiliki," ungkapnya.

 

Sementara itu, Rektor UNU Blitar sekaligus Dewan Pengarah LSP P1 UNU Blitar, H M Zainuddin mengatakan, lisensi LSP-P1 yang telah diperoleh oleh LSP UNU Blitar ini sebagai upaya mempermudah mahasiswa UNU Blitar untuk memperoleh sertifikasi kompetensi.

 

 

"Alhamdulillah, dengan memperoleh lisensi dari BNSP kepada LSP P1 UNU Blitar, tentunya menjadi sebuah kebanggaan dan motivasi bagi universitas untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas lulusan kami. Sehingga, alumni  kami nantinya mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya," pungkasnya.

 

Penulis: Wijianto

Editor: Romza


Editor:

Kediri Raya Terbaru