• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Madura

Rijalul Ansor Geger Bangkalan Gelar Tahlil untuk Ra Lilur dan Kasatkornas Banser

Rijalul Ansor Geger Bangkalan Gelar Tahlil untuk Ra Lilur dan Kasatkornas Banser
Rutinan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor di Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Banyoneng Dajah, Kecamatan Geger Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)
Rutinan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor di Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Banyoneng Dajah, Kecamatan Geger Bangkalan. (Foto: NOJ/Abdullah Hafidi)

Bangkalan, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banyoneng Dajah, Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan, menggelar acara rutinan Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor, Rabu (18/3) malam.

 

Pada kesempatan kali ini, Rijalul Ansor Banyoneng Dajah digelar salah satunya dalam rangka mengenang dan mendoakan dua orang tokoh yang sangat dihormati di kalangan pemuda Ansor Bangkalan.

 

Tokoh pertama yang begitu dicintai Nahdliyin khususnya di Bangkalan yakni KH Kholilurrahman bin KH Zahrowi atau yang akrab disapa Ra Lilur. Pada malam ini tepat haul tahun kedua meninggalnya versi tahun hijriyah karena meninggal pada 23 Rajab 1439.

 

Adapun tokoh kedua, yaitu Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Kasatkornas) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), H Alfa Isnaeni sosok komandan yang begitu dicintai oleh anggotanya. Pada malam ini pun tepat hari ketujuh berpulangnya yakni meninggal 11 Maret 2018.

 

Tahlil bersama ini dipimpin langsung oleh HM Sholeh, utusan Departemen Agama dan Ideologi Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Bangkalan. Dalam acara ini juga diadakan praktikum shalat jenazah, sebagai pembekalan kepada para kader Ansor dalam hidup bermasyarakat.

 

"Shalat mayit ini ada empat takbir," ucap Aba Sholeh, demikian akrab disapa membuka praktikumnya di hadapan sejumlah kader.

 

Acara yang digelar di kediaman Kepala Desa Banyoneng Dajah ini juga diisi dengan pembekalan materi yang berkaitan dengan masalah Nahdlatul Ulama.

 

Syafi'i selaku Wakil Sekretaris PC GP Ansor Bangkalan mengajak para kader untuk ikhlas dan semangat dalam mengabdi untuk Banser dan Ansor.

 

"Sahabat sekalian, jaga keikhlasan hati dan semangat diri dalam mengabdi untuk Ansor Banser. Pengabdian jangan sampai ada yang terlewati, termasuk alur demi alur kaderisasi,” pesannya membangunkan jiwa para kader.

 

Kontributor: Abdullah Hafidi
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Madura Terbaru