Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ringankan Beban Warga, Fatayat NU di Madiun Bagikan Sembako

Ringankan Beban Warga, Fatayat NU di Madiun Bagikan Sembako
Warga menerima santunan dari PAC Fatayat NU Gemarang, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)
Warga menerima santunan dari PAC Fatayat NU Gemarang, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)

Madiun, NU Online Jatim

Rajab adalah salah satu bulan mulia. Pada bulan tersebut terdapat peristiwa Isra’ Mi’raj dimana Nabi Muhammad SAW bertemu langsung dengan Allah SWT dan menerima wahyu shalat lima waktu.

 

Bulan mulia tersebut dimanfaatkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun untuk berbagi manfaat. Yang dilakukan adalah dengan melaksanakan program Fatayat Peduli.

 

Kegiatan itu merupakan gerakan memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat kurang mampu, terutama yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah. Gerakan dilaksanakan PAC beserta Ranting Fatayat NU se-Kecamatan Gemarang, Jumat (12/03/2021).

 

Pelaksanaan kegiatan tesebut dikoordinir masing-masing Pimpinan Ranting dan PAC yang berdomisili di ranting setempat. Setiap ranting mengumpulkan iruan dari anggota baik berupa uang maupun beras dan ada yang bekerja sama dengan pemerintah desa.

 

Ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Gemarang, Mariana Ulfa menyampaikan pelaksanaan Fatayat Peduli ini diserahkan kepada masing-masing ranting. Mulai dari pengumpulan donasi hingga penyalurannya. Karena yang mengetahui keadaan ranting tersebut, kepada siapa donasi harus disalurkan  adalah anggota fatayat desa setempat.

 

“Pengumpulan donasi dilakukan di desa masing-masing, setelah itu tanggal 9 Maret semua berkumpul untuk melaporkan pada PAC berapa paket yang akan disalurkan,” tuturnya.

 

Hasil iuran dan donasi dikumpulkan untuk selanjutnya dibelanjakan dan disamakan penyalurannya yaitu berupa sembako seperti beras, minyak, gula, mi dan telur.

 

Selanjutnya dirinya mengatakan bahwa program ini bertujuan meringankan beban masyarakat. Dimana pada masa pandemi ini banyak yang terdampak, namun tidak semua mendapat bantuan dari pemerintah.

 

“Terkadang bantuan dari pemerintah juga tidak tepat sasaran. Maka dari itu PAC Fatayat NU Gemarang tergerak untuk mengadakan program ini,” kata Ulfa, sapaan akrabnya.

 

Ulfa juga berharap agar dapat melaksanakan kegiatan serupa setiap bulannya. Selain untuk meringankan beban masyarakat juga sebagai syiar Fatayat NU.

 

"Semoga kami dapat melaksanakan kegiatan ini setiap bulan sehingga dapat semakin meringankan masyarakat. Dan semoga Fatayat NU juga semakin dikenal bukan hanya dalam bidang agama tetapi juga mencakup bidang lain seperti bidang sosial,” pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim