Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Saat Lakut, Pelajar NU di Tulungagung Diajak Jadi Pemimpin Solutif

Saat Lakut, Pelajar NU di Tulungagung Diajak Jadi Pemimpin Solutif
Pembukaan Latihan Kader Utama (Lakut) oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tulungagung, Rabu (28/10/2020). (Foto: Puspita Hanum).
Pembukaan Latihan Kader Utama (Lakut) oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tulungagung, Rabu (28/10/2020). (Foto: Puspita Hanum).

Tulungagung, NU Online Jatim

Pembukaan kegiatan Latihan Kader Utama (Lakut) oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tulungagung bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/2020).

 

Pada momen tersebut, panitia Lakut tahun 2020 membuat konsep pembukaan yang berbeda dari biasanya. Terdapat sesi motivasi dalam pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama, KH Abdul Hakim Mustofa dan para tokoh.

 

"Sesi motivasi bertujuan untuk meningkatkan semangat peserta Lakut dalam mengawali pengkaderan ini," kata Rif'atul, Ketua Panitia Lakut.

 

Adapun sesi motivasi disampaikan oleh Adib Makarim, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung. Ia menyampaikan pentingnya membangun pola kepemimpinan dalam sebuah organisasi. "IPNU-IPPNU sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU) harus bisa mampu menjadi pemimpin yang responsif dan adaptif," katanya.

 

Menurutnya, saat ini pemimpin dituntut harus solutif dalam menghadapi berbagai permasalahan. "Pelajar sebagai calon pemimpin masa depan harus bisa memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa ini," ungkapnya.

 

Adib juga mengingatkan, terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa saat ini. Seperti permasalahan politik, ekonomi, teknologi, lingkungan, kesehatan dan lain sebagainya.

 

Cara menyelesaikan permasalahan tersebut, tidak sama dengan cara menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa lalu. Begitu juga untuk menyelesaikan permasalahan bangsa di masa depan, tidak sama dengan cara yang digunakan saat ini.

 

 

"Maka dari itu, mari mulai saat ini kita belajar untuk bisa lebih responsif, adaptif dan solutif dalam menghadapi berbagai permasalahan," ajak Adib Makarim.

 

Menanggapi ajakan tersebut, Indah Khoirun Nada menyampaikan, PC IPNU IPPNU Kabupaten Tulungagung mendukung gagasan tersebut. Melalui pelatihan dan pengkaderan yang diadakan, Indah optimis kader IPNU IPPNU di Kabupaten Tulungagung memiliki sikap responsif, adaptif dan solutif.

 

"Insyaallah, kader IPNU-IPPNU Tulungagung siap dan mampu menjadi pemimpin masa depan yang responsif, adaptif dan solutif" harap Indah yang juga Ketua PC IPPNU Tulungagung.

 

Editor: Romza

Bank Jatim (31/7)