• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Saat Pilkada, Rakyat Jangan Pilih Kucing dalam Karung

Saat Pilkada, Rakyat Jangan Pilih Kucing dalam Karung
PC ISNU dan PWI Banyuwangi menggelar dialog publik jelang Pilkada. (Foto: NOJ/M Soleh K)
PC ISNU dan PWI Banyuwangi menggelar dialog publik jelang Pilkada. (Foto: NOJ/M Soleh K)

Banyuwangi, NU Online Jatim
Masyarakat harus mengetahui dengan sangat rinci calon kepala daerah yang akan menjadi pemimpinnya di masa mendatang. Karenanya, sosialisasi terkait gelaran ini harus dilakukan agar terpilih pemimpin harapan. 

 

Sebagai ikhtiar mendoirong kesadaran para pemilih, Pengurus Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Banyuwangi menggelar dialog publik. Tema yang diangkat adalah ‘Rakyat Berbicara Bacabup Mendengar’ yang dipusatkan di Hotel Luminor Banyuwangi, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (25/7).

 

Syaifuddin Mahmud menjelaskan, kegiatan menjadi sangat penting bagi masyarakat sebagai edukasi politik menjelang pemilihan kepala daerah atau Pilkada mendatang. Rakyat harus kenal dengan calon pempimpinnya.

 

"Jangan sampai terjadi, rakyat memilih kucing dalam karung. Memilih pemimpin tanpa kenal dengan kiprah perjuangan dan hal penting lainnya," kata Ketua PWI Banyuwangi tersebut.

 

Syaifuddin mengharapkan, lewat forum dialog dalam hal politik rakyat semakin dewasa. Betul-betul memilih pemimpin ideal tidak melalui praktik pragmatis.

 

Secara khusus, Ketua PC ISNU Kabupaten Banyuwangi Abdul Aziz menyampaikan banyak terimakasih kepada seluruh jajaran panitia yang telah terlibat dalam berlangsungnya kegiatan.

 

"Termasuk di dalamnya para tamu undangan dari tokoh agama, ketua partai politik, rektor maupun akademisi, penyelenggara pemilu, tokoh politik dan undangan lain," kata Aziz.

 

Sementara itu, H Ali Makki Zaini menginginkan program kerja ISNU tidak hanya berkutat di bidang keagamaan. Hal tersebut tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan dan kebutuhan yang ada di akar rumput.

 

"Lebih jauh, ISNU harus mampu mendengar dan melayani kebutuhan masyarakat secara langsung. Saya ingin, dialog pagi ini tidak hanya sekadar dialog," pesan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyuwangi ini.

 

Kontributor: M Soleh Kurniawan
 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru