• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Sabila, Bukti Nyata NU Peduli Pendidikan Umat

Sabila, Bukti Nyata NU Peduli Pendidikan Umat
Penyerahan secara simbolis beasiswa Sabila. (Foto: NOJ/Anita)
Penyerahan secara simbolis beasiswa Sabila. (Foto: NOJ/Anita)

Probolinggo, NU Online Jatim


Pendidikan adalah salah satu sektor yang butuh diperhatikan. Lebih-lebih bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar (SD) yang merupakan pendidikan dasar untuk membentuk karakter anak. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan yang tinggi cukup mencekik utamanya untuk para orang tua yang memiliki putra putri yang masih mengeyam pendidikan. 

 

Berdasarkan hal ini, Nahdlatul Ulama (NU) harus hadir sebagai solusi dari problem umat. Salah satu langkah nyata kepedulian NU dalam hal pendidikan yakni pemberian beasiswa kepada siswa yang bersekolah di MI  maupun SD di kota Probolinggo. MI maupun SD tersebut tentu adalah lembaga pendidikan yang berafiliasi kepada NU.

 

Kegiatan santunan yang bersifat berkelanjutan ini dilaksanakan oleh NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Probolinggo pada Senin (26/10/2020). 

 

Ryadlus Sholihin Firdaus memaparkan bahwa ada sekitar 112 siswa yang mendapatakan beasiswa dari NU Care-LAZISNU Kota Probolinggo. Gus Ryadlus, begitu beliau akrab disapa, menambahkan bahwa beasiswa ini adalah program prioritas bagi NU Care-LAZISNU Kota Probolinggo.

 

“Ada dua program prioritas kami. Pertama tunjangan bagi ustadz dan guru atau Tugu. Kedua, santri siswa binaan LAZISNU atau Sabila ini,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Manajer Operasional NU-Care LAZISNU Kota Probolinggo tersebut.

 

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa kriteria bagi penerima beasiswa Sabila.

 

“Adapun kriteria atau sasaran penerima Sabila ini pertama haruslah siswa maupun santri dari sekolah maupun madrasah yang berafiliasi NU, kedua adalah santri maupun siswa yang kurang mampu,” jelasnya.

 

Gus Riyadlus juga menambahkan bahwa ada 28 sekolah ataupun madrasah yang masing-masing mendapatkan empat kuota bagi siswa maupun santri penerima beasiswa Sabila tersebut.

 

“Kami serahkan pada sekolah untuk mendata siapa saja yang masuk kriteria penerima Sabila. Lalu dari pihak sekolah mengirim informasinya kepada kami. Jadi, nanti data tersebut selanjutnya akan kami proses untuk selanjutnya mendapatkan beasiswa Sabila,” pungkasnya.

 

Kontributor : Anita

Editor : Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru